TERKINI:

Bawa 10 Kg Shabu, 1 Dari 3 Tersangka Tewas Didor Polisi


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Tiga orang pengedar narkoba dibekuk aparat kepolisian Ditres Narkoba Polda Sumut. Dari tangan tersangka, 10 kg sabu diamankan dan satu tersangka di antaranya tewas ditembak petugas.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin menyebutkan ketiga tersangka yakni IL dan IB warga Kota Medan, serta SU warga Lubuk Pakam. Untuk tersangka SU, tewas setelah diterjang peluru petugas saat penangkapan.

Pengungkapan tersebut berawal saat petugas Ditres Narkoba Polda Sumut mendapat laporan adanya seorang pria memiliki narkoba jenis sabu di Kota Medan.

“Petugas kemudian menyelidiki dan berhasil menangkap IL di Jl Sei Besitang, Medan Petisah, Rabu (18/12/2019) lalu. Dari tangan tersangka, petugas menyita satu tas berisi 5 Kg narkoba jenis shabu,” kata Irjen Martuani Sormin, Selasa (24/12/2019) dalam konferensi pers nya. 

Martuani menyebutkan setelah menginterogasi IL, petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil meringkus seorang pria lagi berinisial IB di Jalan Kapten Sumarsono. Dari tangan IB, petugas kembali menyita barang bukti satu tas berisi 5 Kg narkoba jenis shabu.

Menurut keterangan keduanya, barang haram tersebut didapatkan dari tersangka SU di Lubuk Pakam. Petugas pun melakukan pengembangan untuk menangkap SU selaku pengendali jaringan narkoba tersebut. Namun, saat ditangkap, SU mencoba melarikan diri dan terpaksa ditembak petugas.

“SU terpaksa ditembak dan meninggal dunia setelah mencoba melarikan diri dan tidak mengindahkan tembakan peringatan petugas. Dari hasil pemeriksaan, barang haram tersebut akan diedarkan di Sumut jelang Natal dan tahun baru,” beber Martuani.

Martuani menegaskan pihaknya akan terus melakukan pengembangan jaringan peredaran narkoba tersebut sampai tuntas. Polisi pun terus berupaya memberantas narkoba di Sumut.

“Kita akan kembangkan lagi nanti. Kita akan tegas dalam memberantas narkoba. Jika para tersangka melawan saat ditangkap, akan ditindak tegas,” tegasnya.(Robert)