TERKINI:

Akhyar Harap MKNU Lahirkan Kader NU Berkualitas & Berperan Bangun Medan


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Sebanyak 120 kader Nahdlatul Ulama (NU) mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (NU) Pimpinan Cabang (PC) NU Kota Medan di Pesantren Alkautsar Jalan Pelajar Timur, Medan.

Kabag Agama Setdako Medan Adlan mewakili Pelaksa tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi yang menghadiri  pembukaan acara tersebut, berharap agar kegiatan ini dapat melahirkan kader-kader berkualitas dari NU serta nantinya  berperan membangun Kota Medan, Jumat (6/12/2019) siang jelang sore.

Madrasah Kader dibuka Buya KH Ali Akbar Marbun selaku pimpinan Pesantren Alkautsar yang juga sebagai Syuriah Pengurus Besar (PB) NU. Acara pembukaan juga dihadiri KH Sultanul Huda dari PB NU, Ketua MUI Sumut Prof H M Hatta, Ketua PW NU Sumut Asnan Ritonga, perwakilan dari Polda Sumut dan Kodam I/BB, serta Ketua PC NU Kota Medan Burhanuddin.
Selain mengucapkan selamat atas digelarnya Madrasah Kader NU (MKNU) PC NU Kota Medan, Adlan mengatakan, Pemko Medan sangat mendukung dan mengapresiasi digelarnya MKNU,  sebab kegiatan ini bertujuan untuk peneguhan ideologi ahlusunah wal jamaah sebagai pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem 'aqli (rasionalis) dan ekstrem Naqli (skripturalis) yang bersumber Al Qur'an dan sunnah, serta menggunakan kemampuan akal ditambah dengan realitas empirik (ijma dan qiyas).
Ditambah lagi kata Adlan, MKNU  merupakan lembaga yang bertugas menyelaraskan fijrah,  Harakah dan amaluyah an nahdliyah pada semua tingkatan struktur NU.
"Insya Allah kader yang dilatih di MKNU nantinya menjadi kader berkualitas dan dapat menyelaraskan fikrah, harakah dan amaliah dalam kehidupan," harapnya.
Adlan kemudian mengungkapkan, Pemko Medan saat ini sedang berbenah mempercantik Kota Medan melalui kebersihan lingkungan.
"Melalui momen ini, saya mengajak seluruh kader NU di Kota Medan agar turut mendukungnya dengan cara mengurangi sampah pribadi, terutama penggunaan air minuman kemasan sekali pakai dan styrofoam untuk mewadahi makanan. Sudah saatnya kita memulai hidup bersih dengan mengurangi sampah pribadi," ajaknya.
Sementara itu Ketua PC NU Kota Medan Burhanuddin mengatakan, kegiatan ini  diikuti 120 orang peserta yang merupakan kader NU di Kota Medan. Mereka selanjutnya selama tiga hari akan mengikuti Madrasah Kader NU di Pesantren Al-Kautsar. Dia berharap seluruh peserta mampu menjalani Madrasah Kader yang merupakan keharusan dan kewajiban bagi setiap kader NU. (H)
"Selamat berjuang kepada kader-kader NU yang mengikuti Madrasah Kader NU selama tiga hari. Semoga seluruh kader dapat menjalaninya dengan baik dan tidak ada satu pun dari 120 kader yang ikut gagal atau tidak lulus dalam Madrasah Kader ini," ungkap Burhanuddin.(Robert)