TERKINI:

RSUD Dr Pirngadi Terima Akreditasi Paripurna Dari KARS


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan akhirnya berhasil memperoleh Akreditasi Paripurna dari Tim Verifikasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta. 

Keberhasilan itu diraih setelah rumah sakit milik Pemko Medan ini telah memenuhi semua indikator dan standart kelayakan medis rumah sakit.  Sebab, Tim Verifikasi KARS  sebelumnya telah melakukan serangkaian survei dan verifikasi di rumah  yang berdiri sejak 11 Agustus 1928 sejak 17- 21 September lalu.

Sertifikat Akreditasi Paripurna diterima Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Ir Wiriya Alrahman MM.  Selanjutnya Sekda menyerahkan sertifikat itu Dirut RSUD Dr Pirngadi Suryadi Panjaitan saat acara Syukuran Keluarga Besar RSUD Dr Pirngadi Jalan HM Yamin Medan, Rabu (9/10/2019).

Dengan akreditasi paripurna tersebut, diharapkan jajaran RSUD Dr Pirngadi dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada pasien secara maksimal dan prima.

Dalam sambutannya, Sekda mengucapkan selamat kepada RSUD Dr Pirngadi karena telah berhasil meraih predikat paripurna. Capaian tersebut bilang Sekda, menjadi tantangan bagi seluruh jajaran untuk dapat membuktikan dan menunjukkan kualitas rumah sakit baik dari ketersediaan dan kelayakan alat medis, sumber daya manusia (SDM) serta pelayanan sesuai predikat yang diterima.

"Kami (Pemko Medan) mengapresiasi akreditasi paripurna yang telah diterima RSUD Dr Pirngadi. Tentu ini menjadi hal yang membanggakan sekaligus wujud komitmen untuk membawa dan menjadikan RSUD Dr Pirngadi menjadi rumah sakit yang dipercaya bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Sekda.

Disamping itu  Sekda menekankan agar seluruh jajaran RSUD Dr Pirngadi dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas untuk fokus pada pembenahan sistem dan pelayanan yang bermuara pada kepuasan pasien. Dengan begitu RSUD Dr Pirngadi  tetap menjadi rumah sakit rujukan yang representatif bagi seluruh masyarakat, khususnya warga Kota Medan.

"Dengan predikat ini, tugas dan tanggungjawab seluruh jajaran RSUD Dr Pirngadi justru semakin besar dan berat karena harus mempertanggung jawabkannya kepada semua pihak khususnya bagi pasien. Buktikanlah dengan komitmen dan kesungguhan agar meminimalisir serta menghapuskan keluhan masyarakat serta tidak mengecewakan semua pihak yang telah berperan serta dan berupaya dalam meraih akreditasi ini," pesannya didampingi Kadis Kesehatan Edwin Effendy.

Sebelumnya, Dirut RSUD Dr Pirngadi Suryadi Panjaitan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung RSUD Dr Pirngadi, khususnya kepada Pemko Medan. Predikat ini dikatakannya, menjadi energi bagi seluruh jajaran untuk meningkatkan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dari masyarakat.

"Semoga RSUD Dr Pirngadi dapat berjaya dan menjadi pusat pendidikan terpercaya para dokter kembali," harapnya.

Selain syukuran, acara juga dirangkaikan dengan penyerahan 5 unit AC dan 10 buah lukisan dari PT Bank Sumut kepada RSUD Dr Pirngadi. Bantuan tersebut bertujuan untuk memberi rasa nyaman bagi pasien yang sedang menjalani layanan kesehatan di rumah sakit milik Pemko Medan tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah Sekda dengan seluruh jajaran dan tamu undangan yang hadir. (Robert)