TERKINI:

Sungai Kera Kerap Jadi Tempat Pembuangan Limbah Pabrik & Sampah, DLH Kabupaten Deli Serdang Diduga 'Tutup' Mata


KULI-TINTA.COM, LABUHAN DELI - Karena tumpukan sampah Sungai Kera atau Parit Busuk terancam tersumbat. Sungai yang melewati Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang ini, bahkan diduga menjadi tempat pembuangan limbah pabrik nakal yang berdekatan dengan aliran sungainya, Minggu (1/9/2019).

Menurut Kades Pematang Johar, Sudarman, diperkirakan setiap harinya sampah yang terbawa oleh air mengalir di Sungai Kera, melewati Desa Pematang Johar, 1 ton banyaknya. Sampah tersebut adalah sampah warga yang berada di Kota Medan dan Deli Serdang.

"Karena tak ada kesadaran untuk hidup bersih, masyarakat seenaknya saja membuang  sampah kedalam sungai. Mungkin anggapan mereka mencampakkan sampah ke sungai lebih cepat," kata Kades Sudarman kepada wartawan saat akan diadakannya acara penanaman ribuan pohon di bantaran Sungai Kera.

Lain halnya aktivis lingkungan K. Sijabat, saat ini Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara harus mau bekerjasama dalam penanganan sampah dan limbah di aliran Sungai Kera. Karena tanpa adanya kerjasama, pekerjaan menangani sampah serta limbah di aliran sungai yang membelah Kota Medan dan Deli Serdang tersebut sulit diatasi.

"Coba kita perhatikan pajak ikan serta sayur yang berada di bantaran Sungai Kera Kota Medan dan Desa Sampali Deli Serdang. Para pedagang membuang sampah seenaknya saja kedalam sungai," ungkap Sijabat.
Malahan, sambung Sijabat, ada pabrik serta perusahaan nakal yang dengan  sengaja membuang limbahnya ke dalam aliran sungai. Ini merupakan tindakan yang tak memahami aturan serta mengabaikan arti kebersihan terhadap lingkungan.

"Kita pastikan kalau pabrik yang nakal ini mengharapkan keuntungan yang besar sehingga mereka membuang limbahnya langsung ke parit warga yang muaranya ke sungai. Padahal semuanya ini ada pidana yang berat didalamnya," kata Sijabat kepada awak media. 

Pantauan, puluhan tahun air sungai Kera terlihat hitam pekat dan berbuih. Tumpukan sampah dibawah jembatan di kawasan Desa Pematang Johar mengancam aliran sungai yang bakal tersumbat. Parahnya, bau aliran air sungai setiap harinya tercium oleh warga dari hulu sampai muara Sungai Kera.

Dalam pertemuan PT KIM dengan para awak media yang membahas masalah limbah di Hotel Emerald Garden, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Deli Serdang, Artini Marpaung mengatakan kalau mereka telah bekerja secara maksimal dalam penanganan sampah serta limbah di kawasan Deli Serdang.

"Dinas Lingkungan Hidup telah bekerja keras untuk memantau sampah serta limbah. Yang terkhusus untuk PT KIM sendiri," sebut  Artini, Kamis (29/8/2919).(Robert)