TERKINI:

Sempat Ditangguhkan Polisi, Oknum Ketua Ormas di Medan Marelan Kembali Ditangkap Kejari Belawan


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Surya Indra Buana alias Indra oknum Ketua PAC PP Medan Marelan yang sempat ditangguhkan oleh pihak penyidik Polres Pelabuhan Belawan akhirnya dijebloskan kepenjara, akibat kasus perampasan dan pencurian yang dilakukan bersama kedua putranya M Khaidir dan Ridho Ismail, beberapa bulan lalu.

Sebelumnya, M Khaidir terlebih dahulu diamankan setelah pihak kepolisian menerima laporan oleh korbannya Jenny Kristin Sitepu (38), warga Andansari Kelurahn Terjun Kecamatan Medan Marelan.

Kasus ini dilaporkan Kristin ke Mapolres Pelabuhan Belawan dengan surat tanda terima laporan polisi nomor : STTLP/18/I/2019/SPK-TERPADU, yang mana diketahui Indra tersebut merupakan Ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC-PP) Kec. Medan Marelan.

Menurut keterangan korban, dirinya telah dihubungi JPU Ulfa SH bahwa penyidik Polres Pelabuhan Belawan telah menyerahkan berkas perkara P21 beserta tersangka dan barang buktinya, saat ini Surya Indra Buana resmi menjadi tahanan kejaksaan Belawan, dan tersangka telah dititipkan di Rutan Labuhan Deli, Rabu (25/9/2019), lalu.

"Saya semalam dihubungi pihak jaksa buk Ulfa, menyampaikan bahwa berkas P21 nya Indra sebagai tersangka utama pelaku pencurian telah diterima oleh JPU dari penyidik Polres Belawan, saat ini menurut jaksa pelaku sudah menjadi tahanan kejaksaan dan dititipkan ke Rutan Labuhan Deli, sampai proses persidangan nantinya," ujar korban.

Korban berharap kepada pihak kejaksaan, agar benar-benar bekerja secara profesional dalam penegakkan hukum dan pihak korban akan melayangkan surat pernyataan keberatan apabila pelaku akan melakukan pengajuan penangguhan.

"Saya akan segera layangkan surat pernyatan keberatan untuk penangguhan pelaku seperti yang pernah dibuat oleh pelaku pada saat ditahan di Polres Belawan lalu," tegasnya.

Terpisah, Kajari Belawan Yusnani SH ketika dikonfirmasi wartawan terkait oknum Ketua PP Marelan ditahan oleh kejaksaan Belawan membenarkan kejadian tersebut.

"Benar, sepertinya kemaren ada nama Surya Indra Buana kita terima tahap II penyerahan tersangka dan Barang Bukti dari Penyidik Polres Pelabuhan Belawan, tapi saya gak tau kalau itu ketua PAC PP pak," ujar orang nomor satu di Kejaksaan Negeri Belawan itu.

Sementara itu, beberapa Tokoh Pemuda Pancasila di Marelan ketika dimintai tanggapannya diantaranya Parsono dan Muktar Lubis, mengatakan mereka sudah mendengar atas penangkapan oknum Ketua PP Medan Marelan. Mereka meminta agar pimpinan diatas segera mengambil tindakan.

"Karena menurut AD/ART dan PO organisasi menjelaskan, apabila seorang ketua yang tersangkut hukum dan berstatus Napi, maka gugurlah jabatan tersebut dan segera diambil alih, jangan sampai persoalan ini terus berlarut hingga terjadi kekosongan pimpinanan yang berdampak tidak berjalannya roda organisasi di Marelan," terangnya.(Hen/Robert)