TERKINI:

Warga Kelurahan Bantan Antusias Ikuti Bakti Sosial



KULI-TINTA.COM, MEDAN - Antusiasme masyarakat mengikuti  Bakti Sosial Kesehatan, KB, PKK, Pendidikan Provinsi Sumut yang digelar di halaman Kantor Lurah Bantan, Kecamatan Medan Tembung  sangat tinggi, Kamis (15/8/2019). Ratusan warga mulai sejak pagi telah berkumpul untuk mengikuti sejumlah pelayanan kesehatan yang dilakukan secara gratis dalam rangka menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019.

Adapun layanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan penyakit tidak menular (gula darah, kolesterol, asam urat), pemeriksaan infeksi visual asam asetat (IVA) serta pemeriksaan mata untuk anak tingkat SD/MI. Disamping itu juga melaksanakan  konseling dan pelayanan KB, pemeriksaan kebugaran, kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS), kampanye gosok gigi yang benar pada siswa SD/MI,  pemeriksaan kualitas air bersih penduduk  dan pemberian makanan tambahan untuk  siswa SD/MI.

Bakti sosial dimulai sekitar pukul 10.30 WIB, warga dengan penuh tertitib menunggu giliran untuk menjalani pemeriksaan. Setelah waktunya tiba, warga pun satu persatu memeriksakan kesehatan sesuai dengan layanan kesehatan yang diberikan. Meski jumlah warga yang mengikuti bakti sosial sangat banyak namun semua terlayani dengan baik.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Provinsi Sumut karena memilih Kelurahan Bantan sebagai tempat pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan KB, PKK, Pendidikan Provinsi Sumut. Dia berharap bakti sosial itu dapat meningktkan derajat kesehatan masyarakat sekitar.

“Semoga bakti sosial ini memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama dalam upaya peningkatan kesehatan. Disamping itu melalui bakti sosial, kita juga mengedukasi masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan karena dampaknya tidak baik bagi kesehatan masyarakat. Kemudian  kita pun ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mewadahi sampah rumah tangganya masing-masing guna mempermudah petugas kebersihan mengangkutnya," harapnya.

Selain itu Wakil Wali Kota pun mengajak seluruh warga  untuk senantiasa menjaga kebersihan karena kebersihan pangkal kesehatan.

“Mari kita jadikan Bakti Sosial Kesehatan, KB, PKK, Pendidikan Provinsi Sumut sebagai momentum untuk meningkatkan kebersihan dna kesehatan. Mulai saat ini, mari kita gelar gerakan peduli kesehatan, sebab kesehatan dapat dijaga melalui kebersihan," kata Akhyar.

Kemudian sebagai kata penutupnya, Wakil Wali Kota berharap agar bakti sosial sepeti ini  terus ditingkatkan. Sebab, bakti sosial kehidupan manusia Indonesia menjadi lebih berdaya dan sejahtera. Dengan bakti sosial, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah.

Dukungan atas digelarnya bakti sosial juga mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Ketua TPP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani. Dia berharap pelayanan kesehatan yang dilakukan dapat mendukung kesehatan warga sekitar.

“Kita berharap melalului bakti sosial ini, derajat kesehatan masyarakat semakin membaik. Dengan demikian dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Di samping itu guna mengingatkan masyarakat untuk senantiasan menjaga kebersihan dan kesehatan,” kata Hj Rita.

Sedangkan Ketua TP PKK Provinsi Sumut Hj Nawal Edy Rahmayadi, berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat  yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Semoga kegiatan yang kita gelar ini dapat meningkatkan kesehatan  ibu dan anak,” harap Hj Nawal.

Usai bakti sosial, Ketua TP PKK Provinsi Sumut bersama Wakil Wali Kota, Ketua PKK Sumut, Ketua TP PKK Kota Medan, Asisten Pemerintahan  dan Sosial Musddad Masution, Camat Medan Tembung Ahmad Barli Mulia Nasution, serta pimpinan OPD di lingkungan Provinsi Sumut dan Kota Kota Medan meninjau lokasi pemeriksaan  kesehatan.

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Sekolah MIN 12 Medan yang berada tidak jauh dari lokasi acara, guna memberikan makanan tambahan pada anak serta kelambu anti nyamuk. Ditempat tersebut juga ada aksi dokter cilik, melakukan simulasi cuci tangan pakai sabun dan simulasi menyikat gigi dengan baik dan benar.(Robert)