TERKINI:

Tiga Pelaku Curanmor Bersenpi Dilumpuhkan Polisi


KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Unit Reskrim Polsek Hamparan Perak berhasil menggulung kelompok pencurian mobil, dengan menggunakan senjata api rakitan dan air softgun.

Para pelaku berhasil diringkus dari persembunyiannya di sebuah rumah di Blok Gading Jalan Tani Asri Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Selasa (6/8/2019) lalu.

Ketiga tersangka yang diamankan tersebut yakni, Misdi (42) warga Asam Kumbang Kecamatan Medan Sunggal, Ali Saputra (45) warga Desa Paya Perupuk Tanjungpura dan Didi Wahyudi (35) warga Jalan Citarum Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal.

Salah satu pelaku bernama Misdi terpaksa diberi tindakan tegas, lantaran mencoba melakukan perlawan saat akan ditangkap.

"Para pelaku ini sudah profesional dalam menjalankan aksinya, bisa dilihat dari peralatan yang mereka gunakan," ucap Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH didamping Kapolsek Hamparan Perak Kompol Azuar, Kasat Reskrim AKP Jerico Lavian Chandra SH Sik serta Kanit Reskrim Iptu Karya Tarigan saat melakukan press release di halaman Mapolres Pelabuhan Belawan, Rabu (7/8/2019).

Lebih lanjut disampaikan oleh mantan Kasubdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut, penangkapan pelaku berdasarkan adanya laporan dari warga kalau para pelaku bersembunyi disebuah rumah.

"Mereka ditangkap disebuah rumah didaerah Sunggal, para pelaku ditangkap saat sedang pesta narkoba," ucap Ikhwan.

Kepada petugas,  para pelaku mengaku mencuri mobil jenis pick cup L 300 dibeberapa daerah di Deli Serdang.

"Kalau dari pengakuan mereka, ada tiga lokasi pencurian yakni sekali di Lubuk Pakam dan dua kali di Tanjung Morawa. Barang hasil curian mereka jual ke luar kota," bebernya. 

Petugas terpaksa memberikan tindakan tegas, terarah dan terukur lantaran salah satu pelaku melakukan perlawanan saat hendak ditangkap.

"Satu pelaku bernama Misdi terpaksa kita lumpuhkan, lantaran pelaku mencoba melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. Dari tangan pelaku kita berhasil mengamankan sebuah mobil, sepucuk senjata api rakitan, satu unit air softgun, beberapa kunci T berbagai ukuran serta gunting besi. Pelaku membeli senjata api rakitan dan air softgun tersebut seharga Rp 1 juta dan kerap digunakan saat beraksi," tegasnya. 

Saat ini, para pelaku masih terus menjalani pemeriksaan di Mapolsek Hamparan Perak.

"Para pelaku masih diperiksa secara intensif, kita juga akan berkoordinasi dengan Polres Deli Serdang untuk menindak lanjuti pengakuan para pelaku," pungkasnya.(Robert)