TERKINI:

Pekerja Global Trans ID Ancam Pukul Wartawan Saat Meliput


KULI-TINTA.COM, LABUHAN - Sifat tidak terpuji dan tidak pantas ditiru dijalanan dilakukan oleh karyawan Global Trans ID terhadap Ricky Hariandi salah satu wartawan Media Online lokal yang sedang melakukan peliputan di Jalan Kol Yos Sudarso Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, tepatnya didepan SPBU Pekan Labuhan, Sabtu (24/08/2019).

Peristiwa tersebut terjadi ketika mobil Global Trans ID dengan plat polisi BK 9918 EM yang panjangnya sekitar 36 Meter dari Belawan sedang melintas di Jalan Kol Yos Sudarso. 

Karna menimbulkan kemacetan yang cukup panjang di Jalan, naluri Reporter Ricky Hariandi yang sedang bekerja mencari berita secara spontan timbul dan langsung merekam kejadian tersebut juga kendaraan Global Trans ID yang melintas tak luput dari rekaman kamera wartawan untuk bahan pemberitaan. 

Mendadak, salah seorang pekerja Global Trans ID yang duduk dibelakang gandengan mobil turun karena merasa tidak senang mobil truk mereka yang membuat kemacetan di Jalan diabadikan oleh Ricky Hariandi 

"Waktu kejadian itu, tiba tiba salah seorang pekerja Global Trans ID yang duduk digandengan mobil truk turun dan langsung memaki-maki saya dengan perkataan kotor dan tidak pantas diucapkan didepan umum," jelas Tuaku kepada kru media www.kuli-tinta.com.

Wartawan tersebut juga sudah menunjukan identitas sebagai reporter namun para pekerja tetap mengancam, memaki dan akan memukulnya.

"Saya sudah tunjukan identitas diri saya sebagai Reporter Today TV Indonesia yang sedang melakukan peliputan, tapi karyawan Global Trans ID langsung menarik ID Card saya yang tergantung dileher sampai ID Card saya lepas dan rusak," bebernya.

Bukan hanya itu, karyawan Global Trans ID yang diketahui dari baju yang dipakainya itu bermarga Tobing  juga mencoba memukul Ricky.

"Untung diwaktu itu dilerai oleh pengendara sepeda motor yang lagi melintas," jelas Ricky Hariandi. 

Perlu diketahui, sesuai dengan UU Lalu Lintas Pasal 106 ayat (2) mengatur para kendaraan, baik roda dua maupun roda empat/lebih harus mengutamakan keselamatan pengguna jalan kaki dan bersepeda bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan ini akan dipidana dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,-.

Akibat kejadian tindakan arogan karyawan Global Trans ID tehadap wartawan Today TV Indonesia berencana akan melaporkan kejadian itu ke Polres Pelabuhan Belawan atas tindakan pelecehan terhadap wartawan serta menghalanggi tugas wartawan ketika melakukan tugas jurnalistik sesuai dengan UU Pers No 40 Tahun 1999 tentang kebebasan Pers dimana barang siapa yang menghalangi tugas jurnalistik wartawan dikenai denda Rp.500 juta atau pidana kurungan penjara selama 2 tahun.(Hen/Robert)