TERKINI:

Parah!!! Pipa Limbah PT KIM Bocor


KULI-TINTA.COM, MEDAN DELI - Empat kali sudah permasalahan limbah PT KIM terpantau menuju bak penampung di Jalan Pulau Buton KIM 2, bocor. Bahkan persoalan tersebut sudah dua kali hingga melubernya limbah dari sumur pengumpul limbah (manhole, red) yang salah satunya adalah PT Intan Navea, Senin (26/10/2019).

Penelusuran kru media www.kuli-tinta.com, sebulan lebih lokasi jaringan pipa limbah yang bocor tersebut belum diperbaiki. Dugaan pipa limbah yang terpasang tersebut tidak sesuai peruntukannya, sehingga pipa rentan dengan permasalahan.

Saat ini lokasi jaringan pipa limbah telah dipenuhi air serta puluhan bambu yang tertancap didalamnya terdapat pipa fiber yang berukuran lebih kurang 30 cm teronggok di sisi Jalan Pulau Nias Utara sehingga air limbah masih mengucur deras dari jaringan pipa yang bocor. 

Beberapa lokasi di kawasan KIM, tepatnya di beberapa pabrik serta perusahaan ada terletak pipa-pipa jaringan limbah dan pengerjaan drainase. Informasinya disebut-sebut PT KIM, sedang terus memperbaiki jaringan pipa limbahnya ke setiap pabrik.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari orang yang tidak ingin namanya di publikasikan, menjelaskan bahwa PT KIM sedang berbenah akibat mendapatkan teguran administrasi dari KLH (Kementerian Lingkungan Hidup) terkait permasalahan limbah.

Humas PT KIM, Endang ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini PT KIM sedang memperbaiki instalasi limbahnya.

"Jalur pipa yang rusak disebelah mana Bang! Coba kirim dulu foto-fotonya," kata Endang menjawab pertanyaan wartawan.(Robert)