TERKINI:

Limbah PT. KIM Menimbulkan Bau Busuk Ganggu Aktifitas Warga


KULI-TINTA.COM, LABUHAN - Pipa penyalur limbah milik PT KIM yang bocor, tepatnya di samping PT Akar Indo, Jalan Nias Utara, KIM II, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, hingga saat ini belum selesai diperbaiki. 

Hal tersebut terlihat saat kru media www.kuli-tinta.com melakukan investigasi dilokasi, Rabu (28/08/2019) siang. Bocornya pipa penyalur limbah untuk ke sumur penampungan (Manhole), hingga berbulan-bulan bocor berdampak kepada selokan disekitar yang mulai menimbulkan bau busuk yang mengganggu aktifitas masyarakat sekitar. 

Terlihat limbah keluar dari dalam pipa yang belum diperbaiki sampai meluber, menyebabkan tercemarnya selokan.

"Begini lah kondisinya bang, bau busuk sangat menyengat dan membuat kepala pusing, bahkan mual-mual," jelas Frengki karyawan.

Saat ini lokasi jaringan pipa limbah telah dipenuhi air serta puluhan bambu yang tertancap didalamnya terdapat pipa fiber yang berukuran lebih kurang 30 cm teronggok di sisi Jalan Pulau Nias Utara sehingga air limbah masih mengucur deras dari jaringan pipa yang bocor.

"Sudah lama pipa ini bocor bang, tapi pihak PT KIM sampai sekarang belum memperbaikinya, kami terganggu dengan pipa limbah yang bocor ini yang berakibat aroma bau busuk mengganggu aktifitas kami. Kami berharap KLH (Kementerian Lingkungan Hidup) segera turun ke lokasi," harap Deni salah satu pekerja pabrik di wilayah PT KIM.(Robert)