TERKINI:

HUT Bhayangkara Ke 73 Tahun, Polres Pelabuhan Belawan Gelar Acara Syukuran Bersama Masyarakat


KULI-TINTA.COM, MARELAN -  Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan kegiatan syukuran HUT Bhayangkara Ke 73 diadakan secara hikmad di lapangan Pasar 1 Medan Marelan, Rabu (10/07/2019).

Acara dimulai dengan upacara bersama personil POLRI-TNI, Muspika dan Masyarakat. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa disampaikan Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Kompol Justar Purba SH MH.

Kemerihaan syukuran HUT Polri ke 73 ini juga diisi dengan sejumlah atraksi hiburan tarian tradisional Indonesia yang dibawakan para siswa-siswi dari sekolah Sinar Husni, atraksi drumband serta hiburan dari penampilan Polisi Cilik.

Masyarakat yang hadir dihibur dengan berbagai acara seperti perlombaan balap bakiak, balap karung, joget balon, tarik tambang hingga panjat pinang. Tak ketinggalan hiburan musik dan doorprize yang berhadiah sepeda hingga lemari es.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP H. Ikhwan Lubis, SH, MH., didampingi Wakapolres Kompol.Taryono Raharja, SH, SIK, Wakil Wali Kota Medan Ir. Akhyar Nasution, Danyonmarhanlan I Belawan Letkol Marinir James Munthe, para Kabag dan Kasat beserta staf Polres Pelabuhan Belawan, pejabat utama Yonmarhanlan I Belawan, perwakilan beserta personel Lantamal I Belawan dan stakeholder Pelabuhan Belawan.

Selain itu, juga tampak hadir dalam acara yaitu, Ketua Bhayangkari Polres Pelabuhan Belawan Nyonya Henni Ikhwan, para Kapolsek jajaran Polres Pelabuhan Belawan, para Camat dan lurah beserta kepala lingkungan di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, personil TNI – Polri, ibu-ibu Bhayangkari Polres Pelabuhan Belawan dan ribuan masyarakat.

Peringatan HUT ke-73 Bhayangkara ini mengambil tema “Dengan Semangat Prometer dan Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara”.

Dalam upacara ini, AKBP H. Ikhwan Lubis Sah MH membaca amanat Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Dalam amanatnya, Presiden menyampaikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dirasakan baik oleh warga, namun tantangan Polri kedepan semakin kompleks.

Presiden juga mengapresiasi kesigapan anggota Polri dalam penanggulangan bencana. Dia mengatakan kondisi yang kondusif itu juga berkat sinergitas dengan TNI. Penanganan bencana yang dilakukan dengan cepat di tengah tantangan yang berat. Ini semua, sebut Presiden, adalah berkat kerja keras Polri dan TNI yang selalu sinergis.

Presiden juga mengatakan, Polri tidak boleh langsung berpuas diri. Masih banyak tantangan ke depan yang harus ditaklukkan. Menurut Presiden, tantangan ke depan semakin kompleks. Kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat harus terus dijadikan perhatian. Jenis kejahatan yang dimaksud diantaranya, terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang dan kejahatan siber.

Presiden berharap kejahatan tersebut tidak terjadi di Indonesia. Presiden juga mengatakan, kejahatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban sosial harus diantisipasi.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan Wisuda Purna Bhakti Polri. Wisuda ini ditandai dengan pemberian tanda penghargaan dan bouqet bunga kepada 12 anggota Polri yang memasuki masa purna bakti oleh Kapolres Pelabuhan Belawan.

Kapolres juga menyiapkan berbagai hadiah menarik pada kegiatan tersebut. Ia mengajak kepada seluruh warganya untuk ikut andil dalam kegiatan.

Menurut Kapolres kegiatan tersebut digelar demi mendekatkan pihaknya bersama masyarakat, sehingga nantinya sinergitas antara polri dan TNI bersama warga dalam menjaga kamtibmas dapat terwujud.

“Tahun ini kami menggelar kegiatan hari bhayangkara dengan melibatkan seluruh elemen termasuk masyarakat, hal ini dalam rangka lebih mendekatkan dan merekatkan silaturahmi,” ucap orang nomor satu di Polres Pelabuhan Belawan ini.

AKBP H Ikhwan mengatakan pihaknya memang sengaja membuat konsep HUT Bhayangkara terbuka untuk seluruh masyarakat. Hal ini merupakan wujud terima kasihnya kepada masyarakat yang telah membantu menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Salah seorang warga Kecamatan Medan Marelan, Herlina mengaku cukup senang bisa mengikuti perlombaan di HUT Bhayangkara, Lina yang mengajak anaknya ini ingin mengenalkan secara dekat peran Kepolisian hingga TNI.

“Memang sengaja datang biar anak-anak bisa tahu Polisi dan TNI lebih dekat. Apalagi bisa Senda tawa dengan personil Polisi dan TNI, anak-anak juga senang,” kata Lina kepada kru media.

Pada kesempatan itu, di puncak HUT Bhayangkara Ke 73, acara juga dimeriahkan dengan ulang tahun ke 55 Kapolres Pelabuhan Belawan yang ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun.

Telah diberitakan sebelumnya, berbagai rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke 73 yang dilakukan Polres Pelabuhan Belawan diantaranya donor darah, pengobatan gratis, bakti sosial kepada korban kecelakaan lalu lintas, personil Polri yang bertugas di Polres Pelabuhan Belawan dan kaum dhuafa serta berbagai kegiatan bakti sosial lainnya.(Robert)