TERKINI:

Wakil Walikota Medan Terima Kunjungan Dubes Kanada



KULI-TINTA.COM, MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, MSi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kanada Peter Mac Arthur di Balai Kota, Selasa (25/6/2019).

Selain bersilaturahmi, Peter Mac juga menawarkan sejumlah program kerjasama dengan Pemko Medan. Sebab, dirinya menilai Kota Medan merupakan salah satu kota di Indonesia yang terus berkembang dan memiliki potensi besar di berbagai sektor untuk dikerjasamakan.

Dijelaskan Peter Mac Arthur, dirinya mengaku senang dapat berkunjung ke Kota Medan. Sebab, ia dapat melihat secara langsung pembangunan baik yang telah maupun tengah dilakukan Pemko Medan. Oleh karenanya, Peter Mac berharap kolaborasi dan sinergitas dapat dibangun antara Pemko Medan dengan Kedubes Kanada khususnya di bidang pendidikan dan infrastruktur.

"Tujuan kami ke Kota Medan adalah untuk bersilaturahmi sekaligus menawarkan kerjasama. Kami berharap, pertemuan ini membawa manfaat yang besar tidaknya bagi Kedubes Kanada tapi juga bagi Pemko Medan. Semoga investor Kanada tertarik untuk segera berinvestasi di sini khususnya di bidang infrastruktur dan pendidikan,” kata Peter.

Lebih lanjut, Peter Mac mengungkapkan bahwa Kedubes Kanada memiliki hubungan erat dengan Indonesia melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).  Sebab, selama ini berbagai program telah berjalan di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk itulah, Peter Mac berharap pihaknya juga dapat melakukan hal yang sama di Kota Medan.

"Kedubes Kanada memiliki hubungan erat dengan Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Selain itu juga dengan Kementerian Keuangan menjalin kerjasama dalam bentuk KPBU lewat beberapa program. Untuk itu, kami berharap kerjasama ini dapat dilakukan di Kota Medan,” jelasnya.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyambut baik kedatangan  Dubes Kanada. Sebab, kedatangannya tersebut menjadi wujud bahwa Kota Medan mampu menarik kedatangan berbagai tamu baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, Kota Medan dapat mempelajari banyak hal yang dapat diaplikasikan dan diterapkan di Kota Medan.

Menurut Wakil Wali Kota, ajakan kerjasama yang tawarkan oleh Peter Mac Arhut adalah pertanda baik bagi Pemko Medan. Sebab Kota Medan berkomitmen menjadi Kota Dunia tentunya membutuhkan pengakuan dari negara maju di dunia. Meski demikian, penjajakan kerjasama ini akan dipilah untuk ditawarkan ke Dubes Kanada.

"Kota Medan membutuhkan investor di bidang Infrastruktur, khususnya dalam pengelolaan sampah menjadi energi. Sebab sudah banyak investor yang berminat tetapi sampai dengan  saat ini belum terealisasi. Untuk itu kami berharap Kanada dapat merealisasikannya sehingga sampah yang  di konversi menjadi energi ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih di Ibu Kota Provinsi Sumut,” jelas Wakil Wali Kota.

Sebagai ungkapan selamat datang, Wakil Wali Kota Medan memakaikan topi Tengkuluk dan Songket Melayu kepada Dubes Kanada. Selain itu Dubes Kanada juga menyerahkan cenderamata kepada Wakil Wali Kota. Pertemuan tersebut berjalan dalam suasana penuh keakraban & kekeluargaan dan diakhiri dengan sesi foto bersama.(Robert)