TERKINI:

Rezeki Nomplok di Bulan Ramadhan Bagi Pedagang Takjil Kota Kisaran


KULI-TINTA.COM, ASAHAN - Warga Asahan khususnya kota Kisaran sangat antusias meramaikan aneka ragam jenis bukaan, mulai makanan hingga minuman yang disajikan oleh para pedagang setiap bulan Ramadhan tiba, Rabu (09/5/2019) sore.

Jenis makanan pun relatif terjangkau untuk semua kalangan, ada makanan basah seperti kue lapis, dan ada juga makanan gorengan yaitu bakwan, tahu isi seharga Rp 1.000 per potong, sedangkan mie pecal, kolak pisang dan juga bubur dipasarkan dengan harga Rp 5.000 per porsi.

Begitu juga minuman serba dingin, yang tak ketinggalan banyak orang untuk membelinya, seperti es kelapa, es cendol, es tebu hingga es buah yang dipasarkan dengan harga Rp 5.000 per cup.

Rohani, salah satu pedagang musiman tersebut mengatakan pedagang bukaan takjil di depan Mesjid Raya jalan Iman Bonjol Kota Kisaran ini hanya berdagang sekali dalam setahun semasa bulan puasa. 

Dengan menyediakan  makanan dan minuman selama 1 bulan penuh, para pedagang mendapatkan omset sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu perhari.

Disamping itu, Rohani juga menjelaskan penghasilan selama berdagang ini, nantinya akan digunakan untuk membeli kebutuhan di hari Raya Idul Fitri, seperti pakaian lebaran, pernak-pernik lebaran dan berbagai kebutuhan lainnya.

"Sebulan penuh dagang disini bang. Omsetnya bisa dapat Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu perhari. Uangnya disimpan untuk buat kebutuhan Lebaran nanti," ungkapnya.

Salah satu pembeli, Rudi mengatakan merasa terbantu dengan adanya pedagang musiman bukaan takjil. Karena, bila tidak sempat membuat bukaan takjil di rumah, maka para pembeli bisa membeli makanan dan minuman di lokasi tempat para pedagang berjualan.

"Terbantu bang, kadang gak sempat buat bukaan takjil di rumah. Tinggal beli di sini aja," pungkasnya.(Johari)