TERKINI:

Mutasi Sejumlah Perwira di Polda Sumut, Kompol Victor Ziliwu Kembali Tugas ke Reserse


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto, S.H., M.H melakukan mutasi terhadap sejumlah Perwira, Bintara, dan PNS yang menjabat di lingkungan Polda Sumut.

Berdasarkan Surat Telegram (TR) Kapolda Sumut Nomor ST/497/V/KEP/2019 Tanggal 22-5-2019 yang ditandatangani Karo SDM Kombes Pol Drs IK Suardana, M.Si ada 159 Perwira, Bintara, dan PNS yang terkena rotasi, di antaranya, Kompol Victor Ziliwu, S.H., S.I.K., M.H.

Mantan Kapolsek Medan Barat dan Kapolsek Medan Baru yang saat ini menduduki jabatan Sesspripim Polda Sumut tersebut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Unit (Kanit) 4 Subdit 2 Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut.

Victor bukan orang baru di Reserse Kriminal maupun di Reserse Narkoba. Dirinya termasuk Perwira Polri yang memang berpengalaman dalam bidang Reserse.

Pada 13 Oktober 2005, Perwira Menengah (Pamen) Polri lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2004 ini pernah menjabat Kanit Idik Sat Narkoba Polres Simalungun dan Kanit Reskrim Polsek Bangun Polres Simalungun.

Dua tahun menjabat Kanit Reskrim Polsek Bangun, pria kelahiran Kota Gunungsitoli, 14 Maret 1982 ini kembali diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit Reserse Umum (Resum) Satreskrim Polres Simalungun.

Setelah lulus PTIK pada 20 Juni 2011, Victor kembali diberi tugas di Reserse Kriminal sebagai Kanit Reskrim Polsek Medan Sunggal mulai 12 Juli 2011 hingga 22 Juni 2013.

Setelah itu, pria yang memiliki kemampuan olahraga lari ini dipercaya menduduki jabatan Kepala Satuan Resese (Kasat Res) Narkoba Polres Tebingtinggi.

Lima bulan kemudian, Victor kembali ditarik ke Polresta Medan. Dirinya kembali dipercaya menduduki jabatan sebagai Wakasat Resnarkoba pada 2013 dan Wakasatreskrim pada 2014.

Setahun kemudian, tepatnya pada 14 Oktober 2015, Victor dipromosikan sebagai Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Medan Barat.

Setahun lebih menjabat kapolsek Medan Barat, ia dipercaya menduduki jabatan Kapolsek Medan Baru.

Dari Polsek Medan Baru, Victor masuk ke Polda Sumut sebagai Sesspripim.

Kini Kompol Victor Ziliwu, S.H., S.I.K., M.H back to basic, bertugas di Reserse Kriminal. Selamat bertugas komandan, semoga tambah sukses.(Robert)