TERKINI:

Wujudkan Situasi Aman & Damai, Kapolres Pelabuhan Belawan Gelar Deklarasi Bersama Menjaga Pemilu 2019


KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengelar acara Deklarasi bersama menjaga pemilu 2019 wujudkan situasi aman dan damai di aula Wira Setya Mapolres Pelabuhan Belawan, Jum'at (26/04/2019).

Acra tersebut pun turut dihadiri oleh ketua KPU Medan, KPU Deliserdang, Bawaslu Kota Medan dan Deli Serdang, pimpinan ormas, tokoh agama, tokoh ulama, tokoh pemuda, masyarakat, ketua MUI Kota Medan dan Deli Serdang, para relawan caleg dan capres, para Danramil medan utara, Camat Belawan serta Kajari Belawan.

Acara diawali dengan pembawaan lagu Indonesia raya serta doa dibawakan Ustad Syamsul Bahri selaku ketua MUI Medan Deli, FKUB Kota Medan, Karang Taruna, Tokoh OKP serta para insan Pers.

Dalam sambutannya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengucapkan banyak terimakasih yang tak terhingga pada rekan-rekan TNI, KPU, Rekan-rekan tokoh masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan pemilu berjalan dengan aman lancar dan kondusif

"Di pasca Pemilu ini yang berjalan seminggu marilah situasi keamanan dan kamtibmas ini dipertahankan sehingga pada saat pengumuman dari KPU nantinya dapat aman. Kita merasa prihatin juga banyaknya petugas pemilu dan polisi yang meninggal dunia dalam menjalankan tugas demi bangsa dan negara. Kami harapkan pasca pemilu ini khususnya rekan media marilah kita buat berita yang menyejukkan dan kondusif," jelasnya.

Perwira berpangkat dua melati emas dipundaknya ini juga mengimbau agar tidak menyebarkan berita saling hujat di medsos.
 
"Berita saling hujat di medsos itu mari kita tinggalkan apalagi menjelang hadirnya bulan suci Ramadhan 2019 mari kita ciptakan situasi yang menyejukkan sehingga kalau bisa hidup kita berguna untuk orang lain bukan malah menyusahkan orang lain. Kita berharap perhitungan suara di PPK dan berjalan lancar serta aman," pungkasnya.

Lebih lanjut Danyon Marinir Lantamal 1 Belawan Letkol Mar James Munthe menyampaikan apresiasi pada Kapolres Pelabuhan Belawan yang mengelar kegiatan deklarasi bersama dalam menjaga pemilu 2019 dalam mewujudkan situasi aman dan damai.

"Sebelumnya pihak kita senantiasa kompak sinergi TNI dengan kepolisian dalam menciptakan situasi keamanan. Masalah kemanan adalah bukan semata tugas polisi melainkan tugas kita bersama sehingga dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif," ujar James Munthe sembari mengucapkan terimakasih pada Kapolres Pelabuhan Belawan serta seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung terciptanya keamanan.

Kejari Belawan Hj.Yusnani, SH MH mengaku sinergisitas antara TNI-Polri bersama masyarakat terciptanya situasi yang aman dan nyaman apalagi saat berlangsungnya pemilu 2019 kemarin khususnya di wilayah  Belawan.

Camat Belawan Ahmad SP mengatakan, sebagai pemerintah kami merasa terbantu dengan adanya sinergisitas TNI-Polri beserta masyarakat dalam rangka menjaga kamtibmas sehingga berjalannya pemilu 2019 yang aman dan damai.

"Kita tidak perlu kita saling bergontokkan melainkan saling menghargai siapa yang menang dan siapa yang kalah apalagi di daerah kita ini masih mayoritas masyarakat daerah pesisir. Dari itulah mari kita sambut deklarasi bersama guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan damai," ucapnya.

Ketua KPU Kota Medan Agusyah Damanik mengucapkan terimakasih pada pihak TNI-Polri yang telah andil mengamankan berlangsungnya Pemilu 2019 dengan lancar dan aman.

"Pemilu serentak ini adalah pemilu yang pertama dengan mekanisme yang berbeda sehingga banyak hal yang bisa dievalusi. Sehingga pihak KPU selaku penyelenggara Pemilu mengalami keletihan mengakibatkan tercatat sudah ada   225 orang petugas yang meninggal dunia. Khusus untuk kota Medan ada 2 petugas KPPS di Medan yang meninggal dunia yakni petugas KPPS  Medan Johor dan Medan Selayang," ujarnya.

Ketua Bawaslu kota Medan Payung Harahap, mengatakan acara deklarasi bersama ini merupakan bentuk semangat dan inisiasi kita dalam rangka mewujudkan situasi aman dan damai setelah pesta demokrasi.

Dari pihak Bawaslu dan KPU kota Medan kami banyak mengucapkan terimakasih pada TNI-Polri serta seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan pemilu yang aman dan damai.

Pihak KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu yang bersikap netral demi terwujudnya Pemilu yang transparan.

Acara diakhiri dengan pembacaan deklarasi dan penanda tanganan bersama yang dibacakan ketua FKUB Kota Medan serta berfoto bersama.(Robert)