TERKINI:

Rayakan 'May Day', FPBI Akan Lakukan Konvoi di Kabupaten Asahan


KULI-TINTA.COM, ASAHAN - May Day di sebut juga dengan Hari Buruh Internasional, yang jatuh pada hari Rabu besok 1 Mei 2019. Beberapa Perserikatan atau Federasi buruh akan melakukan konvoi atau aksi damai.

Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) akan berencana melakukan konvoi dalam rangka merayakan May Day di Kabupaten Asahan.

Koordinator Aksi FPBI Asahan, Kusno menjelaskan konvoi akan dilakukan di pusat kota Kisaran, sebelum akhirnya melakukan orasi di dua lokasi yaitu Bundaran Tugu Juang Pahlawan dan depan kantor Pemkab Asahan.

"Rencana kami mau melakukan konvoi, karena biasanya kami turun ke jalan sebelum akhirnya akan melakukan orasi di pusat kota," kata Kusno, Selasa (30/4/2019).

Aksi konvoi ke jalan dan orasi yang akan dilakukan merupakan simbol perjuangan buruh demi memperjuangkan kehidupan yang layak. 

"Walau libur, kami tetap turun ke jalan sebagai simbol memperjuangkan tuntutan kami yaitu meminta pemerintah mencabut PP 78/2015 tentang pengupahan," sebutnya.

Menurutnya kebijakan PP 78/2015 yang ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo belum mampu membuat kehidupan buruh sejahtera. Sebab, belum memperhatikan Komponen Hidup Layak (KHL) yang menitikberatkan pada kualitas.

"PP 78/2015 hanya membuat kenaikan upah setiap tahunnya hanya berkisar 8 persen. Itu belum ideal," ucapnya.(Johari)