TERKINI:

Persiapan Jelang Pemilu 2019 Jajaran Se-Kecamatan Medan Sunggal Gelar Rakor


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, seluruh jajaran dari pemerintahan, kepolisian, Koramil, Panwaslu dan PPK se-Kecamatan Medan Sunggal menggelar rapat kordinasi (Rakor), Rabu (10/4/2019).

Rapat yang dihadiri Camat Medan Sunggal, M Indra Nasution, Kapolsek Kompol H Yasi Ahmadi dan Ketua Panwaslu Medan Sunggal, Edward Napitupulu serta jajaran dan Ketua PPK Medan Sunggal, Jamian Situmorang serta jajaran, berlangsung di Aula Kantor Camat Medan Sunggal.

Camat Medan Sunggal, M. Indra Nasution membuka rapat mengatakan, koordinasi yang dilakukan antara pihak penyelenggara Pemilu dan stakeholder di Kecamatan Medan Sunggal untuk membahas persiapan Pemilu serta membangun kordinasi dan sinergitas antar sesama.

"Rapat ini kita lakukan untuk membahas persiapan penyelanggaraan Pemilu. Hari ini kita akan mendengarkan paparan dari PPK dan Panwaslu Medan Sunggal. Disini kita akan mendengar sudah sejauh mana persiapan dan kendala yang dihadapi," jelas Camat.

Pihaknya selaku pemerintahan yang bertanggung jawab di Kecamatan Medan Sunggal, ungkapnya, akan mendorong pihak penyelenggara agar suksesnya Pemilu di Kecamatan Medan Sunggal. Oleh karena itu, pihaknya akan membuka pelayanan e-KTP dan surat keterangan (Suket) untuk masyarakat di hari libur.

"Kantor kita tetap buka di hari libur, ini kita lakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat menjelang Pemilu. Harapannya, pada hari H pelaksanaan Pemilu tidak ada lagi ditemukan masalah," ujar Indra.

Sementara itu, Ketua PPK Medan Sunggal, Jamian Situmorang selaku pihak pengelenggara sudah melakukan tahapan kesiapan kepada petugas KPPS dengan diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek), selain itu mereka juga telah menentukan waktu penyerahan formulir Pemilu atau C6 untuk dibagikan ke masyarakat.

Persiapan lainnya, PPK Medan Sunggal telah menentukan seluruh TPS yang akan melaksanakan pemungutan suara, oleh karena itu tahapan penyaluran logistik Pemilu akan sudah diterapkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Dalam waktu dekat ini, secara teknis dari distribusi surat suara sampai pelaksanaan pemungutan suara telah kita persiapkan. Harapan saya, kepada Kapolsek, Camat dan Panwaslu untuk ikut serta mengawasi proses distribusi logistik Pemilu," ucap Jamian.

Begitu juga dengan Ketua Panwaslu Medan Sunggal, Edward Napitupulu menjelaskan, secara teknis pengawasan sudah mereka lakukan kepada seluruh pengawas TPS se Kecamatan Medan Sunggal. Harapannya, dalam pelaksanaan nantinya, dapat berkordinasi dengan baik, sehingga dapat mengantisipasi pelanggara.

"Kami ingin, kepada PPK untuk bisa memerintahkan KPPS nya berkordinasi dengan pengawas TPS, agar penyaluran surat suara berjalan baik. Karena, pada hari H pasti ada saja masalah yang timbul, misalnya keterlambatan distribusi surat suara. Ini harus kita antisipasi, hari inilah kita bahan agar ketimpangan itu tidak terjadi di hari H," sebut Edward.

Kapolsek Medan Sunggal, Kompol H Yasir Ahamdi mengungkapkan, pihaknya bersama TNI akan melakukan keamanan penyelenggaraan Pemilu, pengamaman surat suara dan mewujudkam Pemilu aman dan damai.

"Kita selaku pihak kepolisian, akan menindak tegas siapapu yang mencoba menggalkan Pemilu dan menggangu kenyamanan dalam proses Pemilu. Ini kita lakukan di pra pelaksanaan dan pasca pelaksanaan, apabila ada upaya - upaya itu terjadi, akan melanggar pidana Pemilu. Dalam pelaksanaan ini, akan kita jerat dalam undang - undang Pemilu," tegas Yasir.

Dijelaskannya, pihaknya turut melibatkan seluruh personil untuk melakukan pengawasan TPS. Dalam satu personel kita plotkan untuk 5 hingga 7 TPS, mereka kita tugaskan untuk mengawasi proses distribusi surat suara dan proses pelaksanaan Pemilu. Harapannya, ini dapat berjalan baik dengan kordinasi dan saling bersinergi," tutup Yasir.

Rapat kordinasi ditutup dengan foto bersama dan menyampaikan yel - yel suksesnya Pemilu 2019.(Robert)