TERKINI:

Perbaiki PLTS yang Rusak, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Berhasil Menerangi Rumah Warga di Kampung Ampas


KULI-TINTA.COM, KEEROM - Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti (KC) Kodam I/Bukit Barisan Pos Ampas memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tidak berfungsi selama setahun lebih di Kampung Ampas di Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Perbaikan ini dilakukan oleh prajurit 126/KC dikarenakan wujud kepedulian TNI terhadap rakyat yang kesulitan mendapatkan aliran listrik.

Listrik merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari dan sepertinya sudah menjadi ketergantungan. Tanpa adanya listrik maka kegiatan sehari-hari akan terganggu.

Itulah yang saat ini dialami masyarakat Kampung Ampas yang jumlah rumah tangga ± 76 KK sudah hampir setahun lebih tanpa ada pasokan listrik karena Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas daya 20 KWH yang dibangun pemerintah untuk mengaliri listrik ke Kampung Ampas rusak dan belum ada yang memperbaiki sehingga aktivitas masyarakat sangat terganggu dan anak anak sekolah juga terganggu dalam kegiatan belajar.

Karena kepedulian Satgas Yonif 126/KC terhadap kesulitan masyarakat dan permohonan bantuan dari masyarakat untuk memperbaiki PLTS Komandan Satgas Yonif 126/KC memerintahkan Komandan Pos beserta Personel komunikasi untuk memperbaiki PLTS tersebut.

Komandan Pos Ampas Letda Inf Irwansyah beserta personel komunikasi Praka Jimmy Simarmata merupakan lulusan STM listrik ini yang merupakan teknisi listrik di Satgas Yonif 126/KC dengan tekad berbuat yang terbaik iklas dan jujur kepada masyarakat turun langsung memeriksa instalasi listrik ke rumah-rumah dan memeriksa satu persatu komponen PLTS kemudian memperbaiki.

Dalam pengecekan perbaikan PLTS tersebut sempat ternyata ada komponen PLTS yang telah terbakar dan komponen tersebut tidak ada gantinya.

Komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi yang mendapatkan laporan tentang adanya komponen yang terbakar dan harus diganti dengan komponen yang sama, Satgas 126/KC dengan pantang menyerah berusaha untuk mencari komponen tersebut.

Selama satu bulan mencari komponen tersebut baru dapat ditemukan kemudian komponen yang terbakar diganti dengan komponen yang baru, hasilnya PLTS di Kampung Ampas dapat diperbaiki kemudian listrik dialirkan ke rumah-rumah penduduk.

Masyarakat bersuka cita dan bergembira rumah-rumah sudah terang dan lampu jalan di kampung dapat bersinar kembali.

"Kami sangat senang lampu dirumah kami bisa nyala anak-anak bisa belajar, menonton TV dan ibu-ibu juga bisa masak," kata ibu Monica sebagai tokoh wanita Kampung Ampas. 

Seluruh warga sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif 126/KC karena telah memperbaiki PLTS di kampung Ampas karena setahun lebih kampung tersebut padam penerangan.

"Selama ini kami sudah berusaha untuk memperbaiki tidak ada yang bisa, untung Prajurit TNI dapat memperbaiki PLTS ini sehingga kampung kami bisa terang kembali berkat bantuan Prajurit TNI," jelas Bapak Simon Manafi sebagai Ondoafi Kampung Ampas mewakili masyarakat.(Rel)