TERKINI:

DPRD Minta Pemko Medan Ketat Lakukan Pengawasan Harga Kebutuhan Pokok di Lapangan


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Walikota Medan, Dzulmi Eldin, bersama unsur Forkopimda telah mengunjungi pasar tradisional dan modren. Kunjungan ini dilakukan guna mengecek ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Kota Medan.

Bahkan, Pemko Medan juga telah menggelar pasar murah di 151 titik guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Menyikapi hal ini anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Jangga Siregar, meminta Pemko Medan melalui OPD terkait agar melakukan pengawasan di lapangan guna menghindari adanya “permainan” distributor maupun pedagang.

“Pengawasan harus rutin dilakukan agar tidak terjadi penimbunan barang,” kata Jangga Siregar kepada wartawan di Medan, Selasa (30/4/2019).

Politisi Partai Hanura ini tidak menampik setiap menjelang hari-hari besar keagamaan, harga kebutuhan pokok naik.

“Jangan sampai kenaikan harga ini mengganggu kenyamanan umat muslim melaksanakan ibadah puasa, karena terbebani dengan tingginya harga bahan pokok,” katanya.

Jangga mengapresiasi tinjauan yang dilakukan Walikota bersama unsur Forkopimda ke pasar tradisional dan modren di Kota Medan serta pasar murah yang digelar guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Muslim Kota Medan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Tinjauan dan monitoring itu jangan hanya dilakukan setiap menjelang datangnya hari-hari besar keagamaan saja, tetapi harus dilakukan secara rutin dan berkala. Bisa dilakukan per triwulan, jadi diketahui apa-apa saja bahan kebutuhan pokok yang melonjak harganya,” pintanya.

Jangga menegaskan, dalam pekan ini sebelum memasuki bulan Ramadhan, Komisi C DPRD akan meninjau ke lapangan.
“Mungkin pekan ini kami akan memonitoring ke pasar-pasar,” ujarnya.

Terkait adanya beberapa komoditi bahan pokok yang mulai naik harganya, Jangga, menyarankan agar Pemko Medan melalui OPD terkait menggelar Operasi Pasar.(Robert)