TERKINI:

Pembinaan Kerukunan Umat Beragam Demi Sukseskan Pemilu Serentak 2019 di Wilkum Polres Pelabuhan Belawan


KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Untuk menciptakan dan menjaga kerukunan umat beragama, Pemko Medan melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Belawan mengadakan pembinaan kerukunan umat Beragama, di aula Wira Satya Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (19/3/2019) pagi. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Rambe, Kamenag Kota Medan, Ketua MUI Kota Medan, Seluruh Kapolsek se-Jajaran Polres Pelabuhan Belawan, seluruh camat se-Medan Utara, para lurah, tokoh agama dan ratusan masyarakat.

Ketua panitia Burhanuddin Damanik dalam laporannya mengucapkan para peserta yang hadir hari ini adalah seluruh tokoh agama yang ada di empat kecamatan yakni, Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Deli.

Kegiatan ini bertujuan, untuk meningkatkan dan membina kerukunan umat beragama yang ada di empat kecamatan ini.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan Pemilu serenta tahun 2019, yang aman, damai dan Bermartabat.

Ketua FKUB Kota Medan H. Ilyas Salim dalam kata sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada Kapolres Pelabuhan Belawan dan jajaran yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan FKUB ini.

Lebih lanjut disampaikan Ketua FKUB, acara ini akan diadakan diseluruh kecamatan yang ada di Kota Medan secara bergilir.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ihkwan Lubis SH MH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta FKUB semoga acara ini bisa semakin memperkuat kerukunan umat beragama yang sudah terbina selama ini.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH, MH sangat mengapresiasi, peran FKUB ini ditengah- tengah masyarakat berdampak yang positif, karena kerukunan masyarakat di Medan Utara sudah terjalin cukup baik.

“Kita sangat apresiasi keterlibatan FKUB dalam menyelesaikan permasalahan melibat ke agamaan, seperti yang terjadi di Kelurahan Martubung yang bisa terlesesaikan dengan baik,” kata Kapolres.

Kapolres berharap, kepada Tokoh -tokoh masyarakat agar dapat terlibatkan dalam satgas Kamtibmas, mari kita saling menjaga, menghormati antar agama.

Masih kata mantan Kasubdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut  ini bahwa dirinya berharap seluruh elemen masyarakat agar dapat mensosialisasikan pemilu damai, jangan terpancing isu- isu hoak dan sara yang dapat merusak pesta demokrasi ini.

Sementara itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin dalam kata sambutannya sangat mendukung penuh kegiatan FKUB Kota Medan untuk terus menjaga kerukunan umat beragama di Kota Medan.

"berbagai kultulral budaya dan agama ada si Kota Medan, sehingga membuat kota Medan menjadi kota yang indah, aman dan tentram bagi seluruh umat yang ada," ucap Walikota Medan.

Lebih lanjut, Walikota Medan juga mengatakan mari kita jaga kondisi Kota Medan yang aman dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2019 ini. Jangan mudah terpancing dengan provokasi yang dapat merusak kerukunan ini, terus bina masyarakat untuk tidak mudah percaya berita hoax.(Robert)