TERKINI:

Pria Ini Ternyata Penyebab Tewasnya Aiptu (Anumerta) Jakamal Tarigan


KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Dua tahun sudah berlangsung peristiwa tewasnya oknum Polri Aiptu (Anumerta) Jakamal Tarigan, keempat terdakwa pun telah di vonis 15 tahun kurungan penjara.

Kembali terkuak penyebab tewasnya petugas Sat Narkoba Polrestabes Medan tersebut, Jum'at (2/6/2017) lalu. Petugas kepolisian Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil mengamankan Rudi alias Kutuk (42), Jum'at (18/1/2019) lalu di kediamannya.

"Tersangka kita amankan dalam kasus penikaman salah seorang warga di Lahan Garapan Jalan Veteran Pasar IV/Jalan Serbaguna Gg. Damar Desa Helvetia Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Tersangka lah penyebab utama insiden tewasnya oknum Polri Aiptu (Anumerta) Jakamal Tarigan tahun 2017 lalu," jelas Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico Lavian Chandra SH SIK, dalam konferensi pers nya, Jum'at (1/2/2019) siang.

Dijelaskan, malam kejadian berdarah tersebut berawal dari perselisihan antara kelompok tersangka dengan Joni Hartono Zebua alias Tena (49) dan Pak Ayu Giawa.

"Tersangka sempat berselisih dengan korban yang juga merupakan terdakwa dalam kasus pembunuhan Alm Jakamal Tarigan, hingga akhirnya Joni Hartono Zebua ditikam oleh tersangka dibagian punggung belakang nya. Merasa terancam, korban pun kembali ke rumahnya dan meminta pertolongan kepada abang iparnya Lisman Giawa (40) yang kemudian mencari tersangka. Karena tak berhasil bertemu dengan tersangka, akhirnya Alm Aiptu (Jakamal) Tarigan lah yang menjadi korban dalam peristiwa berdarah tersebut," bebernya.

Ditanya soal lambatnya proses penangkapan, pihaknya mengaku baru menerima hasil visum korban.

"Rumah sakit tempat korban di rawat saat terluka itu sudah di runtuhkan dan berganti management, hingga akhirnya baru lah selesai dan keluar surat visum nya," tegasnya.(Robert)