TERKINI:

Polres Pelabuhan Belawan Gelar Rakor PAM & Distribusi Bansos



KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Sebelum pelaksanaan Pendistribusian Dana Hibah Bansos (PKH), Polres Pelabuhan Belawan menggelar Rapat Koordinasi PAM dan distribusi Bansos di Wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan, Kamis (7/2/2019) pagi sekira pukul 10.07 WIB.

Mewakili Kapolres Pelabuhan Belawan, Kabag Ops Kompol H. Erinal didampingi Kasat Binmas AKP H. Justar Purba SH, Kasat Sabhara AKP Eryanto Ginting S.Sos, Kasat Intelkam Iptu Sutarjo BI Manullang, Kasubag Humas Ipda Khairi Amri, Kanit Intelkam H. Butar-butar, Kapolsek Medan Belawan Kompol Saparuddin Tama SH, Kapolsek Hamparan Perak Kompol Azuar SH MH, Waka Polsek Medan labuhan AKP Ponijo SIP.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut turut hadir Forkopincam Camat Medan Belawan Ahmad SP, Sekcam Medan Deli Irfan, Sekcam Medan Marelan, Sekcam Medan Labuhan, Lurah se-Kecamatan Medan Utara, para PKH dan Pedamping PKH serta Sektertaris Dinas Sosial Deli Serdang Remus, Kordinator PKH Kota Medan Dedi Irwandi Pardede.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan oleh protokol Aiptu Jamaluddin kemudian laporan yang dibawakan oleh Kasubag Humas Ipda Khairi Amri dan dilanjutkan dengan pembacaan Doa serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pandu oleh Brigadir Agustina.

Kapolres Pelabuhan Belawan melalui Kabag Ops mengatakan bahwa dalam pendistribusian dana hibah (Bansos) PKH semua pihak harus bekerja sama.

"Penyaluran dana hibah (Bansos) tersebut bertujuan untuk melakukan pengawasan penyalurannya kepada masyarakat melalui bantuan yang bersumber dari APBN. Kemudian akan disalurkan di seluruh wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan agar tepat sasaran, efektif dan efisien. Jangan sampai ada penyimpangan dan peran Kamtibmas agar tetap mengawasi dan memantau agar jangan terjadi penyelewengan dan di sinilah perlu perhatian Polri dalam hal ini bertugas pengamanan," ungkap Ikhwan yang dibacakan oleh Kabag Ops Kompol Erinal.

Mengawali dan mendampingi proses penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan, pihaknya mengajak para agen BRI Link agar berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas.

"Setiap Kelurahan memiliki satu Bhabinkamtibmas, oleh karena itu Agen BRI Link di masing-masing wilayah bisa langsung berkoordinasi," bebernya.

"Misalnya kelurahan A, maka agen bisa berkoordinasi dengan Lurahnya, sehingga disampaikan ke Bhabinkamtibmas agar selalu mendampingi agen dan pendamping PKH ketika ada penyaluran di lapangan," tambahnya.

Selanjutnya Kordinator PKH Kota Medan Dedi Irwandi Pardede dalam arahan mengatakan Bantuan sosial Program Keluargga Harapan (PKH)  harus memiliki 3 komponen antara lain :

1. Validasi awal peserta harus kredibel.
2. Penerima PKH 2019 ada 4 prioritas komponen Pendidikan terdiri dari SD, SMP dan SMA.
3. Disabiltas atau Lansia.

"Pada saat verifikasi sama-sama memastikan data tidak layak lagi menerima bantuan mari sama-sama kita awasi, Bhabinkamtibmas di Kelurahan berkolaborasi melakukan hal-hal yang persuasif. Kriteria kemiskinan ada sebanyak 129.000 data dalam kategori miskin di sumatera utara dan penerima PKH Kota Medan ada sebanyak 52.462 orang," jelas Dedi.

Selanjutnya, sekretaris Dinas Sosial Deli Serdang Remus mengatakan bahwa Program Keluarga Harapan ( lPKH) yang paling miskin masyarakat yang berpenghasilan terendah yang layak menerima. Semua penerima PKH ada yang berpotensi masalah data yaitu:

1 exclusion eror
2. Inclusion eror

"Tidak melakukan pemutahiran data mengganti atau merubah, ini merupakan salah satu langkah kongkrit sinergitas baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk bagaimana kita mendapat antisipasi dan menekan angka kemiskinan," bebernya.

Selanjutnya rangkaian acara diisi dengan sesi tanya jawab dan acara berakhir pada pukul 11.50 WIB dan ditutup dengan di abadikan Photo bersama sekaligus makan siang bersama dan acara berjalan lancar, aman dan kondusif.(Robert)