TERKINI:

Pentingnya Peran Pers Dalam Menyukseskan Pemilu 2019






KULI-TINTA.COM, MEDAN - Dalam peringatan Hari Pers Nasional, Pokja Wartawan Unit KPU Sumut menggelar diskusi pentinganya peranan pers dalam menyukseskan Pemilu 2019, terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Bahkan, pers merupakan ujung tombak dalam menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat.



Hal itu disampaikan Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Syafrial Syah, dalam Diskusi Pokja Wartawan Unit KPU Sumut dengan tema "Peran Serta Pers Dalam Meningkatkan Pemilih Pada Pemilu 2019", di Medan, Rabu (13/2/2019) siang.

Syafrial menyebutkan, salah satu peran pers pada Pemilu 2019 adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal itu juga diatur dalam Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2018 tentang Sosialisasi, karena pers merupakan salah satu pemangku kepentingan.

Dikatakan Syafrial, tujuan sosialisasi antara lain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pemilu, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pemilu, serta meningkatkan partisipasi masyarakat ( Parmas) untuk menggunakan hak pilihnya.

Syafrial mengungkapkan, pentingnya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat ini mengingat partisipasi masyarakat pada Pemilu terus mengalami penurunan sejak Pemilu 2004.

"Harapan besar kita pada pers adalah untuk melakukan sosialisasi. Pers ini sangat penting bagi kami untuk menyosialisasikan kegiatan-kegiatan KPU dan menjadi ujung tombak," kata Syafrial.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mapilu) PWI Sumut, Zulkifli Harahap menuturkan, PWI membentuk Mapilu karena ingin pers lebih berperan lagi untuk meningkatkan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat agar partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 ini meningkat. 


“Harapan ketua PWI Pusat agar kita berupaya turut serta mensosialisasikan, terutama caleg-caleg di daerah. Ke depan Mapilu PWI Sumut berupaya menjalin kerjasama dengan KPU dan Bawaslu, kita bersinergi agar target partisipasi masyarakat yang diharapkan dapat terealisasi,” ujarnya.