TERKINI:

Warga Martubung Gelar Aksi Protes Jalan Rusak & Gudang Ilegal


KULI-TINTA.COM, LABUHAN - Warga yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Berantas Korupsi Sumut (Gerbraksu) kembali mengelar aksi demo kepedulian atas kerusakan badan jalan dan drainase di Jalan Pancing I Martubung Kecamatan Medan Labuhan, Selasa (29/1/2019) siang.

Amatan di lokasi, massa berkumpul dengan membentang spanduk dan tulisan di karton serta membakar ban di tengah badan jalan.

Aksi tersebut mendapatkan pengawasan ketat dari aparat kepolisian, sehingga aksi bakar ban terpaksa dipadamkan dan disingkirkan oleh petugas hingga lalu lintas jalan kembali normal yang sebelumnya sempat macet.

Tak hanya prihatin terhadap kondisi kerusakan, para pendemo juga menuntut infrastruktur jalan, dan memprotes kerusakan drainase di Jalan Pancing I Kelurahan Besar Martubung, Kecamatan Medan Labuhan yang kondisinya semakin buruk.

Menurut kordinator aksi Saharuddin menjelaskan, kondisi infrastruktur badan jalan saat ini berlobang dan tergenang saat musim penghujan. Ia menilai perbaikan jalan itu merupakan tanggung jawab PU Bina Marga Medan.

"Rusaknya jalan dimungkinkan karena kwalitas pengerjaan atau tingginya mobilitas angkutan berupa truk/trado/tangki yang bermuatan melebihi tonase dari kapasitas kekuatan jalan. 5 tahun belakangan menjamur pembangunan gudang dan penimbunan lahan diantaranya PT. Musim Mas. Oleh karenanya Gerbrak perlu mempertanyakan peruntukan wilayah pemukiman tersebut apakah dibenarkan oleh peraturan berdasarkan RT RW," jelas Saharuddin.

Ia juga menambahkan agar Pemerintah perlu menjelaskan dengan mengkalirifikasi proses perizinan baik izin lingkungan UKL/UPL maupun Amdal nya.

"Penegak hukum juga diharapkan merespon dengan meminta keterangan pihak terkait atas proses perizinan itu," tegasnya.(Robert)