TERKINI:

Wali Kota Medan Apresiasi dan Dukung Seminar Nasional Kearifal Lokal 2019


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019 oleh Fakultas Tekhnik Universitas Sumatera Utara (FT-USU). Sebab, kearifan lokal merupakan bagian dari sebuah budaya yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat.
Apresiasi ini disampaikan Wali Kota diwakili Plt. Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan Harahap dalam jamuan makan malam di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (24/1/2019).
"Berbagai kearifan lokal yang ada dalam budaya kita saat ini merupakan peninggalan berharga yang diwariskan oleh nenek moyang. Maka dari itu sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan agar tidak punah tergerus perubahan zaman," kata Wali Kota.
Selain itu papar Wali Kota, sejatinya nilai-nilai kearifan lokal itu merupakan intisari kehidupan yang didapat nenek moyang kita dengan melalui proses yang sangat panjang dan lama. Disamping itu, selain tidak melanggar norma agama yang dianut dan norma hukum yang berlaku, maka kearifan lokal harus terus dijaga dan dilestarikan secara turun temurun sampai ke anak cucu.
Oleh karenanya melalui seminar ini, Wali Kota berharap agar hasil dari seminar yang dilakukan dapat disosialisasikan dan diedukasikan kepada masyarakat agar senantiasa mencintai kearifan lokal yang sudah ada.
"Saya berharap agar kedepannya semakin banyak pihak yang peduli pada penguatan nilai-nilai kearifan lokal. Dengan demikian, pembangunan di Tanah Air yang kita cintai ini akan dapat berlangsung dengan baik. Selain itu, tetap senantiasa melestarikan nilai kearifan lokal untuk mencegah pengaruh negatif yang bertolak belakang dengan budaya asli Indonesia," harapnya.
Selanjutnya Wali Kota juga menyampaikan rasa bangganya, sebab Kota Medan telah dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019. Pasalnya, banyak delegasi peserta dari kota lain yang akan datang berkunjung ke Kota Medan.
“Tentunya moment ini menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan Kota Medan kepada seluruh peserta, misalnya potensi budaya dan pariwisata sekaligus kearifan lokal yang berasal dari sejumlah etnis di kota Medan. Dengan demikian semakin banyak lagi yang datang mengunjungi kota yang kita cintai bersama ini,” ungkapnya.
Jamuan makan malam yang berlangsung pukul 19.00 WIB tersebut berjalan dalam suasana penuh keakraban. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan I Fakultas Teknik USU Prof Ir Johannes Tarigan, Ketua Departemen Arsitektur Fakultas Teknik USU Dr Ir Dwira Mirfailini Aulia serta pemateri dalam seminar Prof Iwan Sudrajat dari ITB dan Dr Nurlisa Ginting dari USU.
Sementara itu Wakil Dekan I Fakultas Teknik USU Prof Ir Johannes Tarigan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota. Sebab, sudah berulangkali FT USU menggelar kegiatan selalu didukung dan para pesertanya dijamu makan malam sebagai bentuk apresiasi.
Selain Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019, jelas Johannaes, FT USU juga pada Juni 2019 akan menggelar seminar mengenai infrastruktur di Kota Medan. Dikatakannya., Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi telah bersedia menjadi salah satu keynote speaker. 
“Jadi kami kembali berharap dukungannya,” harap Johannes.(Robert)