TERKINI:

Pangdam I/BB Pimpin Apel Gelar Pasukan Pelatihan PAM Pemilu 2019


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Menjelang pesta demokrasi, Kodam I/BB melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 di Lapangan Hijau Makodam I/BB, Kamis (24/1/2019) pagi.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah langsung memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka latihan pengamanan pemilu legeslatif dan Presiden 2019.

"Kita ketahui bersama, salah satu tugas TNI Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 adalah memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dan Kepolisian atas permintaan dalam menangani kerusuhan sosial yang terjadi, serta menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman Disintegrasi bangsa maupun ancaman lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 serta menjaga Stabilitas keamanan di wilayah," jelas Pangdam I/BB.

"Perlu kita pahami, bahwa Kodam I/Bukit Barisan beserta seluruh jajaran dituntut senantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak serta profesionalitas Prajurit yang handal, sehingga setiap saat mampu melaksanakan tugas perbantuan tersebut secara berhasil dan berdaya guna," tambahnya.

Guna mewujudkan kesiapsiagaan, jenderal bintang dua dipundaknya ini juga menegaskan bahwa perlu suatu latihan guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Kodam I/BB.

"Hal tersebut perlu dilakukan sehingga mampu melaksanakan tugas perbantuan kepada pemerintah daerah dan Kepolisian dalam mengamankan pesta demokrasi Tahun 2019 Ini. Penyelenggaraan latihan ini mencerminkan tingginya komitmen dan tanggung jawab Komando untuk senantiasa berupaya menjadikan para Prajurit yang profesional dalam detiap penugasan," tegasnya.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan setelah melalui rangkaian pentahapan latihan, dimulai, Senin (21/9/ 2019) yang lalu dengan penyampaian materi ceramah, materi tentang teritorial, materi komando, kendali, komunikasi dan informasi (K3I), materi forum grup diskusi dan materi Tactical Floor Game, kini saatnya melakukan pengecekan sejauh mana para Prajurit memahami materi yang telah disampaikan untuk diaplikasikan dalam demonstrasi drill tempur ini.

Ada beberapa hal yang menjadi penekanan Pangdam I/BB yang harus di pedomani dalam pelaksanaan demonstrasi latihan pengamanan Pemilu legeslatif dan Presiden 2019 sebagai berikut :

Pertama, Manfaatkan latihan ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guna mendukung tugas pokok.
Kedua, Laksanakan prosedur latihan sebagaimana teori yang telah kalian peroleh.
Ketiga, Perhatikan faktor keamanan dan pengamanan, baik personel maupun materiil serta pedomani prosedur latihan.

"Untuk itu saya mengharapkan para peserta latihan bersungguh-sungguh melaksanakan demonstrasi ini sehingga akan diperoleh gambaran nyata tentang mekanisme perbantuan TNI kepada Polri dan pemerintah daerah dalam mengamankan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019," harapnya.

Disela-sela ini juga dilaksanakan latihan simulasi demonstrasi mengatasi kerusuhan massa
yang diperumpamakan massa tersebut berupaya untuk menggagalkan pelaksanaan pemilu sehingga petugas mengamankan sejumlah pelaku biang kerusuhan, salah satunya saat pencoblosan di mana sekelompok orang berusaha merebut kotak suara, saat akan didistribusikan dari TPS ke kantor kelurahan atau kantor desa.

Turut hadir pada acara tersebut Kasdam I/BB, Irdam I/BB, Kapok Sahli, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Asops Lantamal I Belawan, Kadis Ops Lanud Soewondo, Kasat Brimob Polda Sumut Dan Kapolrestabes Medan, Para Dansat BS wilayah Medan serta Ketua Bawaslu Sumut.

(Sumber : Pendam I/BB)