TERKINI:

Napi Tanjung Gusta Pengendali Narkoba Asal Malaysia Hingga ke Perairan Belawan


KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Kepala Kantor Bea Cukai Sumut, Lantamal 1 TNI AL memaparkan keberhasilan kerjasama petugas BNN, DJBC, TNI AL dan Polri dalam mengungkap peredaran narkoba jaringan internasional.

Pemaparan pengungkapan narkoba yang dikendalikan oleh salah satu Napi Tanjung Gusta Medan beserta barang buktinya itu dipaparkan di dermaga Kanwil DJBC Jalan Karo Belawan, Selasa (15/01/2019) sore

Irjen Pol Arman Depari menjelaskan bahwa tersangka atas nama Ramli merupakan seorang narapidana dengan hukuman seumur hidup yang sebelumnya terjerat dalam kasus narkoba.

"Tersangka mengendalikan narkoba ini melalui jalur laut dipasok dari Malaysia dengan memakai speedboat selanjutnya pada titik tertentu barang haram tersebut dijemput dengan kapal kayu untuk masuk ke wilayah Indonesia melalui perairan Aceh," jelas Arman kepada wartawan.

Mengingat situasi keamanan dan jarak tempuh akhirnya kapal pemasok narkoba tersebut digiring ke perairan Belawan persisnya di dermaga Kanwil DJBC Sumut guna memudahkan proses penyelidikan lebih lanjut.

"Kami nantinya juga akan terus mengusut terkait masalah TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) serta siapa saja yang terlibat akan terus kita usut. Tersangka Ramli dalam mengendalikan peredaran narkobanya melibatkan langsung kerabat keluarganya guna memudahkan peredaran narkoba tersebut," pungkasnya.(Robert)