TERKINI:

Masyarakat Kepni se-Jabodetabek Gelar Perayaan Syukuran Awal Tahun


KULI-TINTA.COM, JAKARTA - Sebuah acara perhelatan warga masyarakat Kepni Se-Jabodetabek berlangsung di Jakarta, Sabtu (26/1/2019).

Acara perhelatan ini diselenggarakan dalam rangka Perayaan Syukuran Awal Tahun warga masyarakat Kepni Se-Jabodetabek. Perayaan ini sendiri biasanya berlangsung setiap awal tahun, sudah berlangsung belasa kali selama bertahun-tahun, yang tahun ini memasuki tahun ke-19.

Perayaan diselenggarakan oleh Pengurus Ormas FKNO (Ketua Umum Tati Rika Herawati Hulu ; Sekretaris Umum Yeremia Gea ; Bendahara Umum Tanti Satyawati). FKNO merupakan sebuah komunitas strategis warga masyarakat Kepni yang sudah lama terbentuk. Kehadirannya dan keberadaannya berdiri sekaligus juga untuk bekerja melayani atas dukungan penuh warga masyarakat dan berbagai elemen kemasyarakatan.

Perayaan tahun ini yang bertemakan 'Sehati Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu Jiwa, Satu Tujuan' secara teknis dilaksanakan oleh sebuah kepanitiaan penyelenggara yang dibentuk FKNO. Panitia Penyelenggara (Ketua Otniel Hia ; Sekretaris Meiji S.P. Maru'ao ; Bendahara Ibezaro Waruwu).

Pengurus dan Panitia mengundang warga masyarakat Kepni Se-Jabodetabek dan tamu undangan lainnya. Ribuan undangan dan hadirin mengikuti Perayaan dengan seksama dan secara familiar kekeluargaan, yang rangkaian susunan dan jenis agenda acara Perayaan sangat dinamis, variatif, dan menarik perhatian.

Perayaan dimaknai juga dengan penyampaian Refeksi oleh Bishop Pdt. O. Larosa, yang diisi dengan berbagai bentuk dan jenis penampilan dari sejumlah personal dan institusional komunitas warga masyarakat.

Sejumlah tamu kehormatan dan undangan khusus datang menghadiri Perayaan. Turut hadir Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI Prof. Dr. Sri Adiningsih, M.Sc dan Bapak. Menteri PUPR RI Dr. Ir. Basoeki Hadimoeljono, M.Sc, Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI dan Ibu Susana Sarumaha (Calon Anggota DPD-RI), beserta beberapa tokoh masyarakat Kepni, antara lain : Firman Jaya Daeli, Brigjen Pol. Immanuel Larosa (Pejabat Inspektur di Lemhannas RI), Dr. Disiplin Manao, SH, MH (Hakim Tinggi Senior sebagai Pejabat Struktural di Mahkamah Agung RI), Kolonel TNI AU Historis Bu'ulolo, Henkie Yusuf Wa'u (mantan Pejabat Struktural Eselon 2), Fatty Hulu, Elhan Mendrofa, M. Sinufa Zebua, Saroziduhu Zebua, Fa'ahakhododo Maruhawa, Selsius Baeha, Bazatogu Hia.

Selanjutnya para pimpinan dan tokoh agama, ormas dan paguyuban kewargaan / komunitas kemasyarakatan, kalangan anggota TNI, Polri, dan ASN, jajaran politisi, pengusaha, profesional, konsultan, aktifis, dan lain-lain.

Ada sejumlah pejabat tinggi negara sebagai tamu kehormatan dan undangan khusus - yang pernah datang menghadiri Perayaan Syukuran Awal Tahun pada tahun-tahun sebelum ini sejak awal tahun 2000-an, yang diselenggarakan oleh FKNO.

Pejabat tinggi negara tersebut, antara lain : Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI, Menteri Kimpraswil (PU) RI, Menteri Kelautan Dan Perikanan RI, Menteri Kehutanan RI, Menteri Pariwisata Dan Kebudayaan RI, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Menteri Pertahanan RI, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Menteri Perhubungan RI, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI, dan lain-lain.

Berbagai program strategis dan kegiatan aksi FKNO termasuk Perayaan Syukuran Awal Tahun ini pada dasarnya berkaitan dan bersentuhan pada peningkatan dan pegembangan kualitas persekutuan, persatuan, dan penguatan warga masyarakat Kepni untuk saling melengkapi dan menguati.

Kemudian berhubungan dan berintikan pada pemajuan dan penambahan kualitas pembinaan warga masyarakat Kepni dan pembangunan kawasan Kepni. Dalam kerangka pemikiran dan dengan konteks pertimbangan inilah, diharapkan kedatangan dan kehadiran Ketua Dewan Pertimbangan RI, dan rencana awal Menteri PUPR RI tentu menjadi relevan dan merupakan kebutuhan.

Materi Pidato Sambutan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI yang mewakili tamu undangan, pada hakekatnya mengakomodasi dan mewadahi perihal yang merupakan aspirasi kepedulian dan kebutuhan warga masyarakat dan kawasan Kepni.

Selanjutnya Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI menguraikan dan menjelaskan garis besar program dan agenda umum kegiatan Kenegaraan RI melalui Pemerintah Nasional Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Perihal pembinaan dan pengkaderan SDM, pembangunan dan peningkatan infrastruktur, perlindungan dan pelayanan publik, serta pergerakan dan pengembangan perekonomian warga masyarakat dan daerah kawasan Kepni - merupakan inti kandungan dari pemikiran dan perhatian Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI Prof. Dr. Sri Adiningsih, M.Sc yang juga Guru Besar UGM - Yogyakarta. Brigjen Pol. Immanuel Larosa dalam Kata Sambutan mewakili warga dan tokoh masyarakat Kepni, menyampaikan beberapa hal mengenai pemajuan warga masyarakat dan pembangunan daerah kawasan Kepni.

Salah satu yang utama di antaranya adalah aspirasi dan apresiasi terhadap rencana Pembentukan Provinsi Kepni. Ketua Umum Pengurus FKNO menyampaikan Kata Sambutan dan Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan Sambutan Laporan.(Rel*)