TERKINI:

Beroperasi Hingga Bertahun-tahun, Usaha Sarang Walet Ini Diduga Tak Kantongi Izin


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Bisnis sarang burung walet yang menjanjikan ini ternyata tak sedikit pelaku usaha yang tak mengantongi izin. Seperti hal nya di Komplek Kota Baru Jalan Platina Raya No. 1 Blok B3, Medan ini di isyaki sebagai salah satu usaha yang tak berizin.

Kepada wartawan, salah seorang warga yang tidak ingin namanya dipublikasikan mengamini tidak adanya izin dari usaha tersebut.

“Karyawannya sudah banyak pak, bahkan seluruh karyawannya tidak diberi BPJS Ketenaga kerjaan dan izin merekrut karyawan. Bukan hanya satu saja lokasi usahanya itu, ada di jalan Platina Raya, Tembung, Tanjung Balai dan masih banyak lagi,” ujar sumber kepada kru media kuli-tinta.com, Selasa (21/1/2019) sore.

Dikatakannya, pengusaha sarang burung walet tersebut di ketahui berinisial AN yang merupakan warga turunan Thinghoa. Pengusaha walet itu juga tidak memiliki izin Limbah dan izin ekspor serta mendirikan usahanya bertahun tahun berjalan mulus tanpa ada gangguan dan pengawasan dari Dinas terkait.

“Kita (warga) sudah sepakat akan melaporkan kejadian ini dan kita juga telah buat surat pernyataan untuk kita laporkan kepada Wali Kota Medan, Dinas Ketenagakerjaan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH),” Pungkasnya.

Terpisah, saat kru media mencoba melakukan konfirmasi terhadap pengusaha sarang burung walet tersebut tak membuahkan hasil. Bahkan pria berinisial AN tersebut memberontak saat memberikan keterangan nya.

“Kau siapa rupanya?, bapak harus bertanggung jawab dalam hal ini, kenapa kau tuduh saya tidak kantongi izin usaha saya. Nanti saya akan laporkan bapak,” menirukan ucapan AN kepada kru media.(Red)