TERKINI:

Kunjungi Rutan Klas IIB Labuhan Deli, Ini Pesan-pesan Menkumham RI

Teks Foto : Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, Amd IP, SH, MH, saat mendampingi Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Hamonangan Laoly SH, Msc, Phd, dalam kunjungannya di Rutan Klas IIB Labuhan Deli

KULI-TINTA.COM, LABUHAN - Menkumham RI (Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia), Yasonna Hamonangan Laoly SH, Msc, Phd, didampingi Kakanwil Kemenkumham Sumut, Priyadi BC. Ip, M. Si dan rombongan mengunjungi Rutan Klas IIB Labuhan Deli, Sabtu (17/11/2018) pagi sekira pukul 10.00 WIB.

Kehadiran orang nomor satu di Kementrian Hukum dan HAM itu, langsung disambut hangat oleh Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, Amd IP, SH, MH, serta barisan penghormatan oleh petugas rutan yang dipimpin Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Erwin Siregar.

Yasona Laoly menyempatkan waktunya melakukan pengecekan beberapa pelayanan dan fasilitas didalam Rutan. Bahkan dirinya juga sempat melakukan dialog dengan pengunjung yang datang membesuk keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta berdialog kepada WBP didalam Blok di Rutan tersebut.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Yasonna Laoly menjelaskan bahwa kedatangannya ke Rutan Klas IIB Labuhan Deli untuk melihat suasana didalam Rutan tersebut.

"Dari amatan saya didalam, saya melihat disini ada banyak perbaikan dan perubahan jika dibanding waktu kedatangan saya yang pertama kali, tiga tahun yang lalu saat bersama wartawan Mata Najwa," ungkap Yasonna.

Dirinya juga menegaskan bahwa ia benar-benar melihat fasilitas, cara bertamu serta beberapa persoalan lainnya yang ada didalam Rutan Klas IIB Labuhan Deli.

"Kalau persolan over kapasitas (melebihi daya tampung), itu memang menjadi persoalan disemua Lapas dan Rutan. Pun demikian tetap akan kita cari solusinya, seperti di Rutan ini dari daya tampung 400 orang kini dihuni 1.400 orang lebih," bebernya.

Bahkan putra terbaik Nias ini juga menekankan bahwa pihaknya akan membahas undang-undang tentang narkotika.

"Sama seperti didaerah atau Provinsi lainnya, di Sumatera Utara ini juga Lapas dan Rutan sudah sangat padat dihuni napi atau tahanan dan pada umumnya dihuni para napi atau tahanan yang tersangkut kasus narkotika. Saat ini kita juga kembali berencana akan membahas undang-undang tentang narkotika. Saya mau tahu bagaimana penanganannya dan akan memberikan masukan bagaimana penanganan kasus-kasus narkotika, sebab idealnya memang pemakai narkotika itu harus direhabilitasi," tegasnya.

"Hasil kunjungan saya tadi ke dalam Rutan ialah melihat bagaimana pelayanan disini, bagaimana fasilitas dan bagaimana kondisi napi disini. Saya senang melihatnya sebab semua berjalan dengan baik, namun tidak cukup sampai disitu petugas Rutan disini juga harus lebih fokus dan waspada agar jangan sampai ada jaringan narkotika didalam," tambahnya.

Dalam kunjungan Kemenkumham RI tersebut, juga tampak Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto melakukan pengamanan maksimal.(Robert)