TERKINI:

Kasdam Tutup Kejuaraan Catur Terbuka Piala Pangdam I/BB 2018


KULI-TINTA.COM, MEDAN - Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin atas nama Pangdam Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah secara resmi menutup Kejuaraan Catur Terbuka Piala Pangdam I/BB tahun 2018.

Kejuaraan yang berhadiah total Rp100 juta yang berlangsung sejak Jum'at sampai Ahad (11/11/2018) ini, diikuti 236 pecatur internasional, nasional dan lokal yang keseluruhannya berasal dari 11 provinsi di Tanah Air dan 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Selama tiga hari pertandingan, akhirnya diperoleh para juara yakni Juara Simultan hari pertama Monang Siregar (Medan) dan para pemenang Simultan hari terakhir yakni Juara 1 Adenan (Medan), Juara 2 Taufik Afri AM (FKPPI),  dan Juara 3 Maruli Manurung (FKPPI).

Untuk kategori Senior Putra, Juara I FIDE Master Fitra Andika asal Jatim yang mendapat piala dan uang pembinaan Rp 20 juta, Juara II Nasional Master Ruby Tamono asal Sumbar yang juga mendapat piala serta uang pembinaan Rp 15 juta, dan Juara III Nasional Master Sukarnedi asal Medan/Sumut dengan membawa pulang piala dan uang pembinaan Rp 10 juta.

Untuk kategori Senior Putri, Juara I diraih Women Nasional Master, Tuty Rahayu Sinuhaji asal Karo/Sumut dengan hadiah piala dan uang Rp 20 juta, Juara II Women Nasional Master,  Wita Rahayu asal Aceh dengan hadiah piala dan uang Rp 15 juta, serta Juara III Ade R Nasution asal Sumbar yang juga menyabet piala dan uang Rp 10 juta.

Pemenang kategori Junior Putra, Juara I Wahyu Hidayat Nasution (Riau), Juara II Rizky Fahreza Saragih (Deliserdang/Sumut) dan Juara III Ramadhani (Asahan/Sumut).

Kategori Junior Putri, Juara I diraih Delima Pardede (Medan/Sumut), Juara II Sahrani Bibah (Medan/Sumut) dan Juara III Nabila Putri  Amelia (Asahan/Sumut).

Di acara penutupan juga digelar penyerahaan doorprize yang menyediakan hadiah dari sepeda gunung, kulkas, TV Led, Rice Cooker dan merchandise hiburan lainnya. 

Dalam sambutan acara penutupan,  Kasdam I/BB mengapresiasi pihak panitia yang telah bekerja keras hingga kegiatan berlangsung aman dan sukses. 

Kasdam I/BB berharap kegiatan ini bisa melahirkan bibit-bibit catur masa depan khususnya dari wilayah Sumut yang dikenal sebagai gudangnya atlet catur. 

Hal senada disampaikan Ketua Percasi Sumut, Parlindungan Purba yang berharap kejuaraan serupa bisa kembali digelar di tahun berikutnya. 

"Kita berharap kejuaraan ini akan kembali digelar di tahun mendatang, sehingga upaya melahirkan atlet-atlet pecatur andalan masa depan bisa berkesinambungan," ucap Parlindungan Purba yang juga anggota DPD RI asal Sumut ini. 

Parlindungan juga tak lupa mengapresiasi Pangdam I/BB dan jajaran yang telah menggelar kejuaraan ini, sehingga generasi muda sebagai penerus bangsa bisa terhindar dari pengaruh buruk narkoba dan kegiatan-kegiatan negatif lainnya. 

Hadir di acara penutupan, antara lain Irdam I/BB Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, Sahli Pangdam I/BB, anggota DPD RI Sumut, anggota DPRD Sumut dan para undangan lainnya.(Robert)