Nimrot Sihotang : Pemberdayaan Keterampilan Warga Binaan Rutan Klas IIB Labuhan Deli Perlu Dukungan Pemerintah


KULI-TINTA.COM, LABUHAN - Pihak Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Labuhan Deli terus berusaha mengembangkan bakat dan keterampilan para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Bagi para Eks Narapidana (Napi) dalam mengembalikan kualitas hidup dan kepercayaan diri untuk diterima keluarga dan masyarakat adalah suatu beban yang berat dan menjadi dilema.

“Atas dasar azas kemanusiaan dan di latar belakangi UU nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, maka di pandang perlu melakukan suatu pembekalan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP),” jelas Ka. Rutan Klas IIB Labuhan Deli Nimrot Sihotang kepada wartawan, Selasa (4/12/2018) siang.

Nimrot juga menambahkan, untuk memberdayakan para napi, Rutan Klas IIB Labuhan Deli mengadakan kegiatan pelatihan kerja dan keterampilan.

“Ada beberapa keterampilan yang sudah dilaksanakan, diantaranya pembuatan miniatur rumah adat, papan bunga, laundry dan pembuatan sapu lidi,” tambahnya.

Nimrot juga berharap adanya perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terhadap para eks narapidana.

“Yang kita bina masyarakat Sumatera Utara, saya berharap pihak instansi terkait di Sumatera Utara juga memberikan perhatian terhadap para mantan napi,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang napi inisial SN (65) mengajak dan mengajari para napi untuk pembuatan sapu lidi.
“Ada sekitar 400 sapu lidi setiap bulannya yang bisa dibuat,” katanya.

Lain halnya dengan inisial D (37) salah seorang napi sekaligus sebagai pengrajin miniatur mengatakan bahwa pihaknya dapat membuat 5 miniatur dalam seminggu.

“Seminggu ada sekitar 5 miniatur yang bisa terbuat, miniatur ini terbuat dari bahan bekas sapu lidi, kertas fhoto dan lain sebagainya,” ucapnya.(Robert)

Postingan populer dari blog ini

Oknum Kepling Terkena OTT Tim Gabungan Polrestabes Medan & Polsek Delitua, Uang Tunai Rp 30 Juta Disita Petugas

Diduga Dibunuh Oleh Mantan Suami, Janda Anak Dua Ini Tewas Bersimbah Darah

Kunjungi RM Nisba, Yasonna Laoli Berpesan Agar Tetap Menjaga Citarasa