Satres Narkoba Polres Pelabuhan Belawan Amankan 12 Bandar Narkoba


KULI-TINTA.COM, BELAWAN - Komitmen Polres Pelabuhan Belawan dalam memerangi narkoba kembali ditunjukkan. Kali ini pihaknya berhasil mengamankan 12 tersangka pemilik narkoba jenis shabu dan ganja dari tiga lokasi yang berbeda.

Dalam siaran pers nya, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH didampingi Waka Polres Kompol Taryono Raharja SH SIK dan Kasat Narkoba AKP Edy Safari SH di aula Wira Setya, Senin (19/11/2018) siang, menjelaskan proses pengungkapan kasus narkoba tersebut.

Pihaknya melakukan penyelidikan Jum'at (16/11/2018) siang lalu di tiga lokasi yang dianggap rawan peredaran narkoba. Adapun lokasi pertama yang menjadi sasaran ialah Jalan Asahan Uni Kampung Belawan Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan.

"Dari lokasi pertama ini kita amankan lima orang tersangka diantaranya AS alias Ucok (57) warga Jlan Kampak Uni Kampung Lingkungan 12 Kelurahan Belawan 1, G (52) warga Jalan Asahan PT. II Uni Kampung Belawan 1, S alias Bagong (33) warga Jalan Serdang IV No 5 Kel. Belawan 1 Kec. Medan Belawan, DI (21) warga Jalan Asahan PT. II Uni Kampung Belawan Kel. Belawan 1, dan C alias Udin (38) warga Jalan Asahan PT II Uni kampung Belawan Kel. Belawan II Kec. Medan Belawan," jelas Ikhwan kepada wartawan.

Petugas pun turut berhasil menyita barang bukti  berupa narkoba jenis shabu dengan berat kotor 5,68 gram, ganja dengan berat kotor 12,77 gram, alat hisap sabu dan di tes urine dinyatakan positif.

Lokasi kedua yang menjadi sasaran petugas yakni Jalan Titi Panjang Gang II Paluh Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan. Dari lokasi kedua ini petugas berhasil mengamankan 5 tersangka.

"Untuk tersangka dilokasi kedua ialah P (23) warga Gang 5 Paluh Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan, ES (36) warga Jalan Bunga Lingkungan 4 Kecamatan Medan Belawan, CA (35) warga Gang 2 Titi Panjang Kel. Belawan II Kec. Medan Belawan, S (43) warga Gang 2 Paluh Lk. 29 Kel. Belawan Bahari dan KS (35) Gang 2 Paluh Lingkungan 29 Kel.Belawan Bahari," bebernya.

Turut diamankan barang bukti dari kelima tersangka yakni narkoba jenis shabu dengan berat kotor 0,20 gram, alat hisap sabu dan setelah di tes urine para tersangka dinyatakan positif (+).

Lokasi ketiga ialah di Kampung Bahari Lingkungan 10 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan dengan jumlah tersangka 2 orang yakni R (58) warga Kampung Bahari Lingkungan 10 Kel. Besar Kec. Medan Labuhan dan MHL alias Joul (39) warga Jalan Sekata Gg. Alfalah Lk.XII Kec. Medan Barat.

"Barang bukti yang disita ialah narkoba jenis shabu dengan berat kotor 1.02 gram, ganja dengan berat kotor 49.44 gram dan positif urine setelah dites urine dari para tersangka," tegasnya.

Tersangka dari lokasi pertama dijerat dengan pasal 114 ayat 1 dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

Untuk tersangka dari lokasi kedua pihaknya menjerat dengan pasal 112 ayat 1 dipidana penjara paling singkat 4 tahun paling lama 12 tahun dengan denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 8 miliar.

Tersangka dari lokasi ketiga dijerat dengan Pasal 111 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara 4 tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 8 miliar, Pasal 127 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun penjara.

"Kami terus berupaya untuk membongkar seluruh jaringan peredaran narkotika jenis sabu dan ganja tersebut di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," pungkasnya.(Robert)

Postingan populer dari blog ini

Oknum Kepling Terkena OTT Tim Gabungan Polrestabes Medan & Polsek Delitua, Uang Tunai Rp 30 Juta Disita Petugas

Diduga Dibunuh Oleh Mantan Suami, Janda Anak Dua Ini Tewas Bersimbah Darah

Kunjungi RM Nisba, Yasonna Laoli Berpesan Agar Tetap Menjaga Citarasa