Pemkab Nisel Siap Sukseskan Pagelaran Ya'ahowu Nias Festival Tahun 2018


KULI-TINTA.COM, NIAS SELATAN - Pagelaran Ya'ahowu Nias Festival Tahun 2018 akan segera di gelar dilokasi Kabupaten Nias Selatan tanggal 16 s/d 20 November 2018 mendatang.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang dipimpin oleh Dr. Hilarius Duha SH MH selaku Bupati Nias Selatan menyatakan siap mensukseskan kegiatan Pariwisata tersebut yang sudah masuk dalam kalender Pariwisata di Kementerian Pariwisata RI.

Pihaknya juga yakin dalam kegiatan kali ini akan mendatangkan ribuan wisatawan lokal, luar Nias dan juga mancanegara.

"Panitia dan semua pihak di Kepulauan Nias bahu-membahu menyiapkan berbagai moda transportasi, akomodasi dan penginapan telah bersiap untuk menyambut tamu guna mensukseskan kebudayaan yang spektakuler. Ini bagian dari target 1 juta wisatawan datang ke Pulau Nias hingga 2024, seperti dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata, karena itu momen Ya'ahowu Nias Festival ini tidak kami sia-siakan dan siap disukseskan," ungkap Hilarius kepada wartawan.

Dalam momen kali ini ia juga memanfaatkan sekaligus menguatkan modal kesatuan wilayah Kepulauan Nias untuk bersiap menjadi daerah otonomi baru, yakni Provinsi Kepulauan Nias.

"Ya'ahowu Nias Festival kali ini adalah ajang pengutamaan kebudayaan yang menjadi identitas seluruh ONO NIHA di empat Kabupaten dan satu Kota. Acara Ya'ahowu Nias Festival 2018 ini adalah milik seluruh masyarakat Nias," tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha SH MH mengimbau agar seluruh ONO NIHA (masyarakat nias) dimana pun berada agar turut ambil andil dalam pagelaran tersebut.
"Ayo sisihkan waktu untuk datang dan lihat betapa agung dan kayanya kebudayaan warisan leluhur kita suku Nias," harapnya.

Kali ini Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru ambil bagian sebagai ketua panitia Ya'ahowu Nias Festival dan siap memberikan yang tebaik kepada dunia bahwa pagelaran kali ini berbeda dari yang sebelumnya.

"Acara ini meneguhkan bahwa Nias tak kalah indah dari Bali, Lombok, dan tempat wisata lainnya di Indonesia. Nantinya beberapa acara kita laksanakan di Pantai Sorake dan Desa Bawomataluo dan kemudian rangkaian festival kebudayaan akan bisa disaksikan di Lapangan Orurusa, Telukdalam, Nias Selatan," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa pada acara pembukaan, pihaknya akan menampilkan 100 pelompat batu yang akan melakukan lompatan secara simultan dengan berbagai atraksi dan gaya. Begitu juga dengan tari perang kolosal dengan 600 penari yang siap menghibur pengunjung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi yang juga sebagai Sekretaris Panitia Ya'ahowu Nias Festival 2018 menyampaikan bahwa semua tempat penginapan di Kabupaten Nias Selatan telah siap menampung para wisatawan.

Menurutnya, sejumlah rumah warga telah disulap menjadi homestay. Selain di Telukdalam, hotel-hotel di Kota Gunungsitoli juga telah siap menampung wisatawan yang tidak kebagian Hotel di Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.

"Jarak dari Bandara Binaka Kota Gunungsitoli ke Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, hanya 120 kilometer, bisa ditempuh 2 jam perjalanan. Para wisatawan tak perlu khawatir soal kendaraan, ada banyak mobil bahkan juga bisa ditempuh dengan sepeda motor," ujarnya.

Lanjutnya, pada penyelenggaraan Ya'ahowu Nias Festival tahun ini, akan diselingi mengkampanyekan soal kepedulian kebersihan di tempat-tempat pariwisata dan terutama dari sampah plastik.

“Target 1 juta wisatawan akan menjadi bahan sosialisasi kami, terutama agar masyarakat bisa memiliki kesadaran pariwisata dengan menjaga keramah tamahan, selalu tersenyum dan menjaga kenyamanan tamu yang datang. Begitu juga dengan berbagai infrastruktur akan terus dibenahi," tegasnya.

Ditambahkannya, merespons membeludaknya para penumpang yang berkunjung di Kepulauan Nias untuk menyaksikan Ya'ahowu Nias Festival, maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menambah jumlah flight dari Medan-Nias, para pengunjung juga bisa terbang dari Padang-Nias.

"Kita berharap, penyelenggaraan Ya'ahowu Nias Festival tahun 2018 ini bisa menjadi salah satu tonggak mengangkat pariwisata kepulauan Nias untuk kesejahteraan seluruh masyarakat. Buruan ya, kami tunggu anda di Nias Selatan," pungkasnya.(Robert)

Postingan populer dari blog ini

Oknum Kepling Terkena OTT Tim Gabungan Polrestabes Medan & Polsek Delitua, Uang Tunai Rp 30 Juta Disita Petugas

Diduga Dibunuh Oleh Mantan Suami, Janda Anak Dua Ini Tewas Bersimbah Darah

Kunjungi RM Nisba, Yasonna Laoli Berpesan Agar Tetap Menjaga Citarasa