Firman Jaya Daeli Kunjungi Polda Lampung, Ini Sosok Irjen Pol Purwadi Arianto


KULI-TINTA.COM, LAMPUNG - Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto dalam sebuah kesempatan khusus, bertemu dengan Firman Jaya Daeli (mantan Tim Perumus UU Polri dan Anggota Komisi Politik & Hukum DPR-RI), di ruang kerja Kapolda, di Lampung, Kamis (11/10/2018).

Pertemuan yang berintikan pada diskusi santai ini membicarakan secara teknis dan strategis beberapa hal berkaitan dengan pengembangan dan pengabdian institusi Polri dan jajaran.

"Kepemimpinan Irjen Pol Purwadi Arianto  sebagai Kapolda memiliki konsep dan agenda untuk menjabarkan dan meningkatkan program Kapolri yang disebut Profesional, Moderen, Terpercaya (ProMoTer)," jelas Firman.

Program ini pada dasarnya merupakan program jabaran untuk melaksanakan dan meningkatkan program Nawacita Pemerintahan Nasional Jokowi - JK. Inilah komitmen kuat Irjen Pol Purwadi Arianto yang melakukan pendekatan Polri secara menyeluruh dan mendasar.

Kualitas pendekatan Polri berintikan pada kebijakan untuk meningkatkan stabilitas keamanan regional dan ketertiban umum meningkatkan perlindungan publik dan pelayanan masyarakat dan meningkatkan penegakan hukum dan keadilan.

"Kualitas kinerja institusi Polri dan kepemimpinan Irjen Pol Purwadi Arianto sebagai Kapolda Lampung beserta jajaran secara prinsipil berpengaruh terhadap pengamanan situasi kewilayahan dan perkembangan kondisi Lampung," ungkapnya.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto (lulusan Akpol 1988 B). Telah lulus mengikuti semua jalur dan jenjang sekolah pendidikan dan pelatihan di lingkungan Polri (PTIK, Sespimmen, dan Sespimti).

"Irjen Pol Purwadi Arianto adalah tipikal seorang perwira tinggi Polri yang konsisten, konsekuen, tegas, merah putih, loyal tegak lurus kepada pimpinan Polri dan pimpinan negara. Senantiasa berinisiatif membangun institusi dan kinerja Polri serta program dan konsep yang memperkuat akses dan basis jaringan," bebernya.

Menurut Firman Jaya Daeli yang juga pernah diundang beberapa kali menjadi Penceramah (Dosen Tamu) di sekolah pendidikan dan pelatihan Polri (Sespimmen Polri dan Sespimti Polri), sosok Irjen Pol Purwadi Arianto merupakan tipikal figur yang tidak mau menampilkan diri dan tidak terlalu suka menonjolkan pencitraan.

Namun menjadi terasa dekat dan semakin terbuka, hangat, dinamis, dan komunikatif jika sudah bertemu dan berdiskusi secara mendalam. Firman Jaya Daeli sudah kenal lama dan bersahabat dengan Irjen Pol Purwadi Arianto.

Pimpinan Polri menilai figur Irjen Pol Purwadi Arianto berhasil memimpin dan mengamankan Polda Metro Jaya (tipe A lama dan besar) sebagai Wakil Kapolda.

Dengan demikian memenuhi kualifikasi untuk memimpin wilayah hukum Polda sebagai Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil/Kapolda).

Sosiologi kewilayahan Lampung merupakan wilayah perbatasan atau penyanggah antara Pulau Sumatera dengan Pulau Jawa. Lampung memiliki posisi letak strategis dan sumber daya penting sehingga secara geografis kawasan, dan geopolitik, geoekonomi, geososial menjadi sebuah wilayah hukum Polda yang menentukan dan berdampak serius.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal mendatangi Sheraton Hotel untuk bertemu dan berdiskusi dengan Firman Jaya Daeli.

Pertemuan diskusi berlangsung menjelang keberangkatan Firman Jaya Daeli dari Lampung ke Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

"Ada sejumlah perihal yang didiskusikan terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas tugas dan tanggungjawab parlemen lokal (provinsi) dalam rangka percepatan dan perluasan secara kualitatif dan kreatif pelayanan publik," tegasnya.

Ketua DPRD Provinsi Lampung masih melanjutkan diskusi dengan Firman Jaya Daeli dalam perjalanan sambil mengantar Firman Jaya Daeli ke Bandara Raden Intan Bandar Lampung.

Firman Jaya Daeli balik pulang ke Jakarta untuk selanjutnya menghadiri undangan sebagai Pembicara Acara Dialog Nasional bersama Menteri Desa, PDT, Dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo (Keynote Speaker), yang diselenggarakan oleh Ormas Forum PPN, di Jakarta, 13 Oktober 2018.

Firman Jaya Daeli menghadiri sejumlah kegiatan dan pertemuan lain selama di Lampung. Bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah komunitas dan elemen, beberapa tokoh dan simpul-simpul strategis, Ormas, serta kalangan lain.

Dalam foto, selain bertemu dan berdiskusi dengan Kapolda Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, tampak juga dalam salah satu foto pertemuan berlangsung antara Anggota DPR-RI dan sejumlah Anggota DPRD serta beberapa tokoh dan warga Kepni yang tergabung dalam Ormas IKBN Lampung bersama dengan Firman Jaya Daeli.

Pertemuan Firman Jaya Daeli berlangsung juga dengan Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Lampung Kombes Pol Flora Dakhi (mantan Kapolres Nias dan Kapolres Labuhanbatu - Sumut).(Robert)

Postingan populer dari blog ini

Oknum Kepling Terkena OTT Tim Gabungan Polrestabes Medan & Polsek Delitua, Uang Tunai Rp 30 Juta Disita Petugas

Diduga Dibunuh Oleh Mantan Suami, Janda Anak Dua Ini Tewas Bersimbah Darah

Kunjungi RM Nisba, Yasonna Laoli Berpesan Agar Tetap Menjaga Citarasa